DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINDAK TUTUR PUJIAN DAN RESPONS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:DEBI SUGIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-18


 

ABSTRAK

                                    

Sugiawati, Debi. 2019. Tindak Tutur Pujian dan Respons dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X SMK Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Jumadi, M.Pd.; (II) Dr. Maria L.A.S, M.Pd. 

 

Kata kunci: tindak tutur, pujian, respons                                                                                    

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur pujian dan respons dalam  pembelajaran bahasa Indonesia Kelas X SMK Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu  penelitian yang bermaksud untuk memahami keadaan suatu subjek penelitian dengan cara mengamati lalu mendeskripsikannya dalam bentuktulisan proses pembelajaran guru tidak sepenuhnya menggunakan jenis pujian dan jenis respons.  

Objek penelitian  ini  ialah guru dan siswa.  Subjek penelitian ini ialah tindak tutur pujian dan respons dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik yang digunakan dalam mengumpulan data ialah observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif, aktivitas dalam analisis data, yaitu redukasi data, menyajikan data, dan memberikan simpulan terhadap data.

Dalam proses pembelajaran guru tidak semua menggunakan jenis pujian dan jenis respons. Ada beberapa hal  yang tidak dilaksanakan dalam proses belajar-mengajar berlangsung seperti kurang dalam pengelolaan kelas sehingga tidak semua siswa aktif dalam proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan jenis pujian dan respons. Ada tiga jenis yang temukan, yaitu (1) pujian penampilan petutur, (2) pujian terhadap kemampuan, prestasi, atau perbuatan baik petutur, dan (3)  pujian terhadap kepribadian dan keramahan petutur. Respons pujian ada satu jenis, yaitu respons menerima.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI