DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN KARAKTER KOMUNIKATIF MELALUI PENERAPAN MODEL TWO STAY-TWO STRAY (TSTS) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK ISFI BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019
PENGARANG:HALIMAH TUSADIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-18


Pada Abad ke-21 meminta sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas yaitu sumber daya manusia yang tidak hanya mengandalkan intelektualitasnya saja tetapi juga karakter. Berdasarkan observasi pada saat Praktik Pengalaman Lapangan di kelas XI SMK ISFI Banjarmasin, menunjukkan bahwa karakter komunikatif siswa masih kurang, jarangnya diadakan presentasi jawaban siswa didepan kelas serta banyaknya siswa yang tidak berani bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami membuat rendahnya hasil belajar siswa. Diperlukan sebuah model pembelajaran siswa yang dapat mengembangkan karakter siswa, khususnya karakter komunikatif dan dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Model Two Stay-Two Stray (TSTS) yaitu model pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan siswa, berupaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa serta membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan karakter komunikatif siswa kelas XI Farmasi SMK ISFI Banjarmasin dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model TSTS, (2) memperbaiki hasil belajar siswa kelas XI Farmasi SMK ISFI Banjarmasin dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model TSTS, (3) menguji adanya hubungan antara karakter komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa pada saat penerapan model TSTS dalam pembelajaran matematika di kelas XI SMK ISFI Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Jenis desain dalam penelitian ini adalah Equivalent time series. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI B Farmasi SMK ISFI Banjarmasin yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hubungan karakter komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model TSTS dapat mengembangkan karakter komunikatif siswa kelas XI Farmasi SMK ISFI Banjarmasin dalam pembelajaran  matematika, (2) Penerapan model TSTS dapat memperbaiki hasil belajar siswa kelas XI Farmasi SMK ISFI Banjarmasindalam pembelajaran  matematika, (3) terdapat hubungan kategori sedang antara karakter komunikatif siswa dengan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI