DIGITAL LIBRARY



JUDUL: ANALISISFAKTORTERHADAPPENGAMBILAN KEPUTUSANPEMBELIANKERIPIKPISANGPADA SEGMENREMAJADIKOTABANJARBARU
PENGARANG:SITI ZUBAIDAH
PENERBIT:FAKULTAS PERTANIAN
TANGGAL:2017-11-30


SITI ZUBAIDAH.Analisis Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian

Keripik PisangPadaRemaja,dibawahbimbinganDjokoSantoso danHj.Mariani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian produk keripik pisang pada remaja akhir dan melihat gambaranpersepsi terhadapprodukkeripikpisangbagi remajadi kota Banjarbaru.

Penelitian ini dilaksanakan dengan metodeConvience Group Sampling

(pengambilan sampel secara kebetulan).Convience Group Samplingadalah teknik

non-probabilitas samplingdimana pengambilan sampel berdasarkan kemudahan

atau kebetulan yang paling mudah dijangkau atau didapatkan. Dengan pertimbangan responden merupakan golongan remaja sebagai objek penelitian dan memiliki pengetahuan yang cukup maka terpilihlah mahasiswa jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 85 orangdari 581mahasiswagolonganusiaremaja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat belas variabel yang dianalisis, direduksi menjadi lima faktor baru yangterbentuk berdasarkan persepsi responden. Kelima faktor tersebut adalah faktor popularitas yang terbentuk dari variabel promosi, kemudahan ditemukan dan pelayanan. Faktor kedua adalah faktor kemasan yang terbentuk dari variabel warna kemasan, bentuk kemasan dan pemberian label. Faktor ketiga adalah faktor variasi yang terbentuk dari variabel harga dan pilihan rasa. Faktor keempat adalah faktor bentuk produk yang terbentuk dari variabel berat bersih dan bentuk produk. Terakhir faktor kelima adalahfaktorketebalan yangterbentukdari variabel ketebalanproduk.

 

 Pada sebuah gambaran persepsi konsumen remaja menunjukkan persepsi remaja menjadikan faktor popularitas dan kemasan produk sebagai faktor utama dalam melakukan pengambilan keputusan pembelian keripik pisang. Sehingga produsen harus membuat titik promosi, kemudahan ditemukan, pelayanan, warna kemasan,bahankemasan danpemberianlabel untukmencapai titikideal. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar produsen keripik pisang agar produsen memperhatikan persepsi konsumen yang telah dipaparkan dan mengutamakan faktor popularitas dan kemasan produk sebagai faktor utama terlebih dahulu sebelum memenuhi faktor lainnya dalam produk keripik pisang untuk konsumen tingkat remaja akhir. Karena faktor utama adalah faktor yang memiliki pengaruh tinggi terhadap pengambilan keputusan pembelian keripik pisangbagi konsumen remajadi kotaBanjarbaru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI