DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN INFILTRASI BERBAGAI KELAS UMUR TEGAKAN POHON KARET (Hevea brasiliensis) DI SUB DAS BANYU IRANG DAS MALUKA
PENGARANG:YUNISA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-19


Yunisa Pratiwi, Kajian Infiltrasi Berbagai Kelas Umur Pohon Karet (Hevea brasiliensis)Di Sub DAS Banyu Irang Das Maluka. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. H. Syarifuddin Kadir, M.Si. sebagai pembimbing pertama dan Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, M.Si. sebagai pembimbing kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sifat fisik tanah dan karakteristik infiltrasi terhadap berbagai kelas umur tegakan pohon karet (Hevea brasiliensis) di Sub DAS Banyu Irang DAS Maluka. Manfaat penelitian ini sebagai bahan masukan dan sumber informasi kepada pihak yang terkait dan masyarakat luas tentang karakteristik infiltrasi pada kelas umur tegakan pohon karet.

Infiltrasi digunakan untuk menghitung seberapa cepat laju infiltrasi  yang terjadi, besarnya kaspasitas dan volume dari proses aliran air masuk ke dalam tanah melalui permukaan tanah secara vertikal. Perkebunan yang sedang berkembang saat ini adalah perkebunan karet. Karena karet memiliki bentuk yang sama dengan tegakan hutan, maka perlu dilakukan penelitian tentang karakteristik infiltrasi pada berbagai kelas umur tegakan karet. Berpengaruhnya umur tegakan karet terhadap besarnya laju infiltrasi tanah, dimana semakin tingggi kelas umur tegakan karet maka kapasitas infiltrasi semakin tinggi. Pengukuran laju infiltrasi dilakukan dengan menggunakan alat double ring infiltometer.

Hasil uji laboraturium mengenai struktur tanah pada tiga kelas umur tegakan pohon karet yaitu liat dan lempung liat berpasir, sedangkan rata-rata nilai bulk density pada kelas umur 4 tahun, 8 tahun dan 12 tahun adalah sebesar 1,57 gr/cm3, 1,31 gr/cm3 dan 1,15 gr/cm3 dan porositasnya sebesar 33,29 gr/cm3, 38,54 gr/cm3 dan 44,17 gr/cm3.Perhitungan karakteristik infiltrasi dengan rata-rata laju infiltrasi awal untuk kelas umur tegakan karet dari umur 4, 8 dan 12 tahun berturut-turut adalah 7,67 mm/jam, 13,33 mm/jam dan 8,33 mm/jam. Kapasitas infiltrasinya dari umur 4, 8 dan 12 tahun 96,906 mm/jam, 103,981 mm/jam dan 104,651 mm/jam. Volume infiltrasi kelas umur 4 tahun sebesar 93,432 m3, kelas umur 8 tahun sebesar 95,945 m3 dan kelas umur 12 tahun sebesar 97,591 m3.

 

Kata kunci :   Tegakan Karet,Sifat Fisik Tanah, Infiltrasi,  Double RingInfiltrometer.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI