DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERANAN PEMBAKAL DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DI DESA PENGGALAMAN KECAMATAN MARTAPURA BARAT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:Winda Sugiarti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-22


ABSTRAK

Winda Sugiarti, D1B114260, 2019 Peranan Pembakal Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar Dibimbing oleh Drs.H.Setia Budhi, M,Si, Ph.D selaku dosen pembimbing I dan Dr Mahyuni, S.Sos, M.AP selaku dosen pembimbing II.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana Peranan Pembakal Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pembangunan Di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat Kabupaten Banjar.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data keperpustakaan dan penelitian kelapangan yaitu observasi, wawancara langsung dengan informan dan dokumentasi. Analisi data yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti juga menggunakan teori Soerjono Soekanto mengenai peranan yang mengatakan bahwa peranan merupakan aspek dinamis dari kedudukan, perangkat hak-hak dan kewajiban, perilaku sosial dari pemegang kedudukan dan bagian dari aktivitas yang dimainkan seseorang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan pembakal dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pembangunan di desa penggalaman dikatakan sudah berjalan semaksimal mungkin hal ini terlihat dari pembakal telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai motivator dalam perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan, hal ini dilihat dari pelaksanaan pembangunan yang dilakukan di desa Penggalaman sudah berjalan dan di nikmati oleh semua masyarakat seperti pembangunan gedung TK, penyiringan dan pengurukan jalan, pembangunan gedung PAUD, Pengecoran halaman Poskesdes serta Pembangunan tugu batas desa. selain itu perilaku serta sikap pembakal dalam memimpin terhadap bawahan dan masyarakatnya baik hal ini juga ditunjukan bagaimana pembakal memberikan sikap ramah dalam melayani masyarakat Desa Penggalaman serta sikap tegas yang ditunjukan pembakal kepada bawahannya atau aparat desa serta peran masyarakat atau keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa baik itu pembangunan fisik desa maupun pembangunan non fisik desa dalam pelaksanaan pembangunan desa bisa dikatakan baik, dikarenakan masyarakat Desa Penggalaman ikut bekerja sama dalam pelaksanaan pembangunan fisik desa maupun non fisik desa.

 

Adapun saran kepada Pembakal Desa Penggalaman untuk lebih bisa mengembangkan usaha ekonomi desa serta harus memberikan pengarahan kepada masyarakat dalam pengembangannya agar bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa serta Pembakal Desa Penggalaman perlu memberikan sosialisasi kepada masyarakat desa tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan desa serta mengajak masyarakat untuk gotong royong membersihkan desa.

 

Kata Kunci: Peranan Pembakal, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan desa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI