DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisa Perbandingan Biaya dan Waktu Pada Pekerjaan Pasangan Bata Merah dan Bata Ringan
PENGARANG:MUHAMMAD SADILLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-22


ANALISA PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PADA PEKERJAAN PASANGAN BATA MERAH DAN BATA RINGAN

Oleh :

 

Muhammad Sa’dillah

 

Pembimbing : Candra Yuliana, MT ABSTRAK

Dalam perkembangan bahan bangunan pengisi dinding, telah tercipta bata ringan sebagai pengganti bata merah sebagai bahan pengisi dinding. Bata ringan tercipta karena bahan pengisi dinding sebelumnya yaitu bata merah dibuat secara manual, ukuran bata merah itu sendiripun sering berbeda-beda. Bata ringan diciptakan selain dibuat pabrik menggunakan mesin sehingga memiliki ukuran yang sama adalah memiliki bobot yang ringan agar dapat memperingan beban struktur dari sebuah bangunankonstruksi.

Untukmembandinganmaterialbatamerahdanbataringandariaspekbiaya, maka diperlukan analisis perbandingan harga perencanaan dinding bata merah dengan bata ringan pada proyek Ruko yang berlokasi di Kota Kandangan. Kemudian membandingkan analisis biaya pekerjaan dan waktu pelaksanaan pada perencanaan dinding bata merah dengan dinding bata ringan, untuk mendapatkan solusi terbaik dari aspek biaya danfungsi.

Dari analisis biaya pekerjaan dinding dengan volume pekerjaan sebesar 486,158 m². Pekerjaan dinding bata merah, memerlukan biaya sebesar Rp. 55,231,802.68, sedangkan pekerjaan dinding bata ringan, memerlukan biaya sebesarRp.70,040,433.03.Darikeduahasilanalisistersebutmemilikiselisihbiaya sebesar Rp. 14,808,630.34. Waktu pelaksanaan pekerjaan pasangan bata ringan lebih cepat 4 hari dari waktu pekerjaan pasangan dinding batamerah

Kata kunci : Bata Merah, Bata Ringan, Analisis Perbandingan Biaya Pekerjaan dan Waktu Pelaksanaan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI