DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI FUEL RATIO PERALATAN MEKANIS DALAM KEGIATAN PEMBONGKARAN OVERBURDEN PT BORNEO ALAM SEMESTA JOBSITE PT BINUANG MITRA BERSAMA DESA IDA MANGGALA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD SUYUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-22


ABSTRAK

PT. Borneo Alam Semesta menggunakan metode penambangan tambang terbuka yang didukung dengan peralatan mekanis backhoe untuk pembongkaran dan dump truck untuk pengangkutan material overburden, Salah satu penentu keberhasilan metode penambangan adalah seberapa besar produktivitas alat mekanis yang digunakan. Besarnya produktivitas juga harus diimbangi dengan penggunaan bahan bakar yang efektif. Tujuan peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengevaluasi pencapaian target fuel ratio, serta memberi rekomendasi untuk mengoptimalkan nilai fuel ratio alat gali muat dan alat angkut.

Metode yang digunakan adalah mengevaluasi hasil produktivitas dan penggunaan bahan bakar yang dipengaruhi oleh kondisi lapangan, kondisi alat yang digunkan, cycle time, grade resistance dan rolling resistance, sehingga diperoleh nilai fuel ratio.

Setelah melakukan evaluasi hasil pencapaian target fuel ratio alat gali muat Hitachi ZX450 yaitu sebesar 92%. Sedangkan pencapaian target fuel ratio alat angkut Volvo FM370 yaitu 87%. Perbaikan fuel ratio alat gali muat dilakukan dengan menurunkan front kerja yang dapat menurunkan cycle time, pengawasan terhadap operator untuk meningkatkan efisiensi yang akan membuat produktivitas meningkat dan membuat fuel ratio menjadi kecil. Perbaikan fuel ratio alat angkut dilakukan dengan menambah kecepatan rata-rata alat angkut pada hauling bermuatan maupun tidak bermuatan sehingga cycle time menjadi turun dan dapat meningkatkan produktivitas dan membuat fuel ratio kecil.

 

Kata-kata Kunci : Produvktivitas,  Fuel Ratio

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI