DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisa Kinerja Ruas Jalan Akibat Pengaruh Putaran Balik (U-Turn) Pada Jalan Ahmad Yani Km. 34 Kota Banjarbaru
PENGARANG:RIZKY IKHSAN RENDRAHADI NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-22


ANALISA KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PENGARUH PUTARAN BALIK (U- TURN­) PADA JALAN AHMAD YANI KM. 34 KOTA BANJARBARU

 

Rizky Ikhsan R.N., Ir. Yasruddin, MT

Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jalan Jenderal A. Yani Km. 36 Banjarbaru

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

Email: ikhsan.rizky98@yahoo.com

 

ABSTRAK

Jalan A. Yani Km.34 yang merupakan Jalan Nasional yang menghubungkan antara kota – kota besar di Kalimantan Selatan. Arus lalu lintas sering mengalami perlambatan kecepatan terutama pada ruas jalan yang terdapat U-Turn, peningkatan volume lalu lintas yang melalui U-Turn disebabkan akibat banyak faktor yang menyebabkan tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan A. Yani Km. 34 menjadi turun.

Pengambilan sampel data untuk penelitian dilakukan dengan survey volume lalu lintas dan waktu tempuh kendaraan yang melewati jalan A. Yani Km. 34. Selanjutnya sampel data dianalisa dengan suatu model hubungan matematis berdasarkan pendekatan nilai korelasi yang terbaik dari ketiga model Greenshields, Greenberg, dan Underwood.

Dari hasil analisa, untuk jalan Ahmad Yani Km. 34 pada kondisi eksisting pada jam puncakarah menuju ke Banjarbaru didapatkan ITP C dan arah menuju ke Banjarmasin didapatkan ITP D berdasarkan nilai derajat kejenuhan untuk model Underwood. Sedangkan pada kondisi U-Turn ditutup arus arah menuju ke Banjarbaru didapatkan ITP C dan arah menuju ke Banjarmasin didapatkan ITP C berdasarkan nilai derajat kejenuhan dengan model Underwood. Kemudian dilakukan forecasting dengan nilai pertumbuhan kendaraan pertahun sebesar 2,052% dan diketahui pada kondisi U-Turn dibuka jalan Ahmad Yani Km. 34 dianggap mampu memenuhi syarat hingga tahun 2020 untuk arah Banjarbaru dan untuk untuk arah Banjarmasin sudah tidak memenuhi pada tahun 2019. Sedangkan pada kondisi U-Turn ditutup mampu memenuhi syarat hingga tahun 2032 dan tahun 2034 untuk masing – masing arah Banjarbaru dan Banjarmasin.

 

            Kata Kunci : Jalan A. Yani Km. 34, Model hubungan, U-Turn.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI