DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI WATER MANAGEMENT PADA AREA PLANT PRODUKSI PT SEBUKU IRON LATERITIC ORES, KECAMATAN SUNGAI BALI, KABUPATEN KOTABARU, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ARY RIZKI NOVANDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-22


Abstrak

Pada daerah produksi yaitu Bukit 2 terdapat empat jenis bahan galian berdasarkan kadar CaO yaitu limestone high-grade, medium-grade, low-grade danmarl, dalam produksi untuk pembuatan semen diperlukan limestone dengan kadar CaO minimal 45 %. Hal ini menyebabkan limestone low-grade tidak bisa dimanfaatkan karena kadar CaO yang dimiliki kurang dari 40 %, sehingga diperlukan blending antara limestone high-grade dan low-grade untuk meningkatkan kadar CaO limestone low-grade agar dapat mencapai 45 % dan perencaan yang sistematis agar desain tambang dapat memaksimalkan pemanfaatan low-grade sehingga umur tambang dapat lebih panjang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey topografi eksisting pada lokasi penelitian dengan menggunakan metode komputasi menggunakan bantuan software, serta metode analisa dengan memakai data-data berupa peta, gambar, dan tabel untuk membantu dalam penyampaian hasil penelitian.

Dari penelitian ini didapatkan bahwa cadangan  yang terdapat pada bukit 2 adalah 1.280.000 m3 high-grade, 280.000 m3 medium-grade dan 120.000 m3 low-grade. Produksi Limestone pada Bukit 2 dilakukan selama 12 bulan dengan penambangan sistematis menggunakan proses blending. Dimensi single slope quarry adalah 70°, tinggi jenjang 10 m. Elevasi terendah 40 m. Geometri jalan pada perancangan minimal 15 m dengan grade maksimum 10 %.

 

Kata-kata kunci: Cadangan, Limestone, Perencanaan, Pemanfaatan Low-grade

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI