DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 15 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
PENGARANG:JUMAIDI NOR
PENERBIT:JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
TANGGAL:2017-12-04


Kemampuan komunikasi matematis memegang peran penting dalam pembelajaran
matematika karena komunikasi matematis adalah kemampuan dalam menulis,
menginterretasikan dan mengevaluasi ide, simbol, istilah, serta informasi
matematika.Tetapi terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kemampuan
komunikasi matematis siswa diantaranya siswa masih sulit untuk memberikan alasan
untuk jawabannya, siswa masih sulit membuat gambar dan mengekspresikan suatu
soal ataupun peristiwa sehari-hari kedalam simbol matematik. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskrpisikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi
Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran
2016/2017 dan mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan
komunikasi matematis siswa pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII A, VIII
B, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H SMP Negeri 15 Banjarmasin Tahun Pelajaran
2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15
Banjarmasin dengan jumlah 246 orang dan terbagi dalam 8 kelas. Sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin sebanyak 6 kelas
dengan jumlah siswa 173 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi
Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 15 Banjarmasin, pada aspek
kemampuan menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan serta menggambarkan
secara visual termasuk dalam kualifikasi sangat kurang, aspek kemampuan
menginterprestasikan dan mengevaluasi ide-ide matematis dan aspek kemampuan
dalam menggunakan istilah, notasi matematika, dan struktur-strukturnya untuk
memodelkan permasalahan matematika masuk dalam kualifikasi cukup. Ada
perbedaan signifikan pada aspek kemampuan komunikasi matematis antara siswa
kelas VIII A, VIII B, VIII E, VIII F, VIII G, dan VIII H yaitu hanya pada aspek
kemampuan menyatakan ide-ide matematis melalui tulisan serta menggambarkan
secara visual.
.
Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Teorema Pythagoras, dan SMP
Negeri 15 Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI