DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PEMASARAN BUAH NAGA PADA (STUDI KASUS) PT. KELOLA ALAM SUBUR (KAS) KECAMATAN CEMPAKA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:RIZKA SUKMA ADITYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-23


Abstrak. Jenis buah tropis maupun subtropis dapat tumbuh dan dihasilkan di Indonesia, karna

memiliki agroekologi yang sesuai. Buah - buahan cukup potensial untuk dikembangkan dengan

pertimbangan permintaanya terus meningkat. Salah satu komoditas buah yang mempunyai prospek

untuk dikembangkan adalah buah naga. Bisnis buah naga di Indonesia memiliki prospek cerah. Selain

cara menanamnya mudah, permintaan pasar yang juga bagus. Wajar bila masyarakat di Kalimantan

Selatan, Cempaka Banjarbaru mulai membangun usaha budidaya tanaman buah naga dari skala kecil

hingga besar. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2016 sampai dengan selesai. Metode

penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode Snowball Sampling. Penelitian

dilakukan untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya, marjin, tingkat efesiensi dan kendala dalam

pemasaran buah naga di PT KAS Cempaka Kota Banjarbaru. PT KAS merupakan anak perusahaan

dari PT Amanah Anugerah Adi Mulia yang bergerak di bidang usaha pertanian, perkebunan serta

agrowisata. Perusahaan sampai saat ini rutin memproduksi buah naga dengan berbagai macam jenis

seperti jenis buah naga sabilla, super red dan mawar. Menurut hasil dari penelitian terdapat 5 saluran

pemasaran di PT KAS Cempaka Kota Banjarbaru, terdiri dari produsen, pedagang besar, pedagang

pengumpul dan pedagang pengecer. Efisisensi pemasaran digunakan untuk mengetahui produktivitas

pemasaran, tingkat efisiensi oleh PT KAS tinggi dibandingkan biaya pemasaran yang kecil sehingga

menghasilkan keuntungan yang besar. Kendala yang sering dihadapi oleh produsen, pedagang besar,

pedagang pengumpul dan pedagang pengecer dilapangan adalah masalah cuaca yang berubah-ubah,

untuk produsen hal ini mengakibatkan hasil produksi buah naga yang tidak menentu. Untuk pedagang

besar, pedagang pengumpul dan pedagang pengecer hal ini mengakibatkan buah naga yang

dipasarkan cepat membusuk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI