DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEBIASAAN BERPIKIR (HABITS OF MIND) MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS SE KOTA BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:MUNAWARAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-23


ANALISIS KEBIASAAN BERPIKIR (HABITS OF MIND) MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS SE KOTA BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (oleh : Munawarah; pembimbing : Karim, Agni Danaryanti; 2019 ; 65 halaman)

 

ABSTRAK

Dalam menjawab soal matematika terkadang meski siswa sudah menemukan konsepnya, namun tetap saja mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Hal ini menunjukan bahwa perlu dikembangkannya kebiasaan berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebiasaan berpikir (Habits of Mind) matematis, mengetahui hasil belajar matematika, perbandingan antara kebiasaan berpikir matematis siswa MTs Negeri dengan Swasta, dan hubungan antara kebiasaan berpikir matematis dengan hasil belajar matematika siswa MTs se-Kota Banjarmasin. Metode penelitian yaitu deskriptif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs se-Kota Banjarmasin yaitu berjumlah 2.068 siswa. Untuk menentukan jumlah sampel minimum dilakukan dengan teknik slavin. Kemudian untuk pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel minimum sebanyak 280 siswa MTs Negeri dan 298 untuk MTs Swasta. Teknik pengumpulan data untuk mengukur kebiasaan berpikir matematis menggunakan angket sedangkan hasil belajar menggunakan dokumentasi berupa hasil ulangan akhir semester (UAS) ganjil tahun 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan berpikir matematis siswa berada pada kategori sedang, hasil belajar matematika siswa berada pada kategori baik, terdapat hubungan antara kebiasaan berpikir matematis dengan hasil belajar matematika siswa dan tidak terdapat perbedaan kebiasaan berpikir matematis antara MTs Negeri dengan MTs Swasta se-Kota Banjarmasin.

 

Kata kunci: Kebiasaan berpikir (Habits of Mind) matematis, hasil belajar matematika

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI