DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN BERBAGAI TINGKATAN KOMBINASI PERLAKUAN NAUNGAN TERHADAP PERTUMBUHAN ANAKAN KEMIRI (Alleurites moluccana L.Willd)
PENGARANG:DESTI NANDA PRILIA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-23


RINGKASAN

DESTI NANDA PRILIA DEWI. Respon Pertumbuhan Anakan Kemiri (Aleurites   moluccana L. Willd) terhadap Berbagai Tingkatan  Kombinasi Perlakuan Naungan. Dibimbing oleh Bapak Prof. Ir. H. Basir, M.S, Ph.D dan Ibu Dra. Eny Dwi Pujawati, M.Si.

Kemiri (AleuritesmoluccanaL.Willd.) atau lebih dikenal dengan nama kemiri,merupakan salah satu pohon serbaguna yang sudah dibudidayakan secara luas di dunia. Jenis ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan;bijinya dapat digunakan sebagai bahan media penerangan,masakan dan obat-obatan, sedangkan batangnya dapat digunakan untuk kayu.

Penelitian ini dilakukan di areal lahan terbuka di daerah Jalan Padang Anyar, Tungkaran, Martapura, RT 04, RW 02, pada bulan Oktober-Januari 2018/2019. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Lengkap dengan 4 kombinasi paranet yang berbeda dan diulang sebanyak 3 kali dalam satu perlakuan. Perlakuan yang diamati pada penelitian ini adalah perlakuan tanpa paranet, paranet intensitas 25%, paranet intensitas 50% dan paranet intensitas 75%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa paranet dengan intensitas 50% memberi pengaruh paling baik, dibandingkan dengan paranet intensitas 25% dan 75% serta tanpa naungan dikarenakan bibit kemiri harus mendapat cahaya yang cukup tidak boleh terlalu sedikit atau terlalu banyak cahaya yang masuk.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI