DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN TEKNIS FAKTOR PENGISIAN BUCKET ALAT GALI MUAT PC4000+ UNTUK PENCAPAIAN TARGET PRODUKTIVITAS DI PT. SAPTAINDRA SEJATI JOBSITE PT. ADARO INDONESIA, PIT NORTH WEST, KABUPATEN BALANGAN, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ERI AKBAR RAFSANJANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-23


Pada kegiatan penambangan PT. Saptaindra Sejati khususnya pada kegiatan pembongkaran material batuan penutup (overburden) yaitu tidak tercapainya target produktivitas big digger Hitachi EX3600 dan Liebherr R9400. Ketidaktercapaian target produktivitas tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik berupa faktor teknis maupun nonteknis. Salahsatu faktor teknis yang terjadi adalah kurang idealnya tinggi jenjang front penambangan, sehingga mempengaruhi jumlah passing number dan bertambahnya waktu penggalian, sedangkan untuk nonteknis bias disebabkan oleh skill operator ataupun kebiasaan operator. Oleh karena itu objek penelitian ini ditekankan pada faktor-faktor yang mempengaruhi pengisian bucket sehingga dapat diberikan rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut, menganalisa keadaan loading point dan tinggi jenjang yang mempengaruhi kinerja backhoe PC 4000+, serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengisian bucket alat gali muat backhoe PC 4000+ dalam pencapaian dan peningkatan target produksi. 

Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan langsung dilapangan, diantaranya data cycle time yang dihitung dengan stopwatch, mengamati kondisi loading point berserta tinggi jenjang secara langsung di lapangan, data berat jenis berai didapatkan dari tim survey. Dari data cycle time maka didapatkan pula perhitungan untuk efisiensi yang kemudian digunakan untuk perhitungan produktivitas. Sedangkan dari pengamatan kondisi loading point diperoleh kemampuan pengisan bucket alat gali. Data bucket fill factor yang di korelasikan dengan data kondisi tinggi jenjang menghasilkan analisis pengaruh tinggi jenjang tersebut terhadap bucket fill factor. Dari perhitungan produktivitas dan bucket fill factor dapat dilakukan suatu analisis yang dapat mengoptimalkan jumlah pesisan bucket per siklus sehingga produktivitas dari alat gali muat tersebut mengalami perbaikan.

Berdasarkan hasil pengamatan di lokasi penelitian maka dapat disimpulkan, ketinggian jenjang yang kurang dari standar mengakibatkan kemampuan pengisian per bucket juga akan berkurang. Beberapa faktor yang mempengaruhi faktor pengisian bucket yang pada akhirnya mempengaruhi nilai produktivitas dari alat gali muat yaitu diantaranya ketinggian jenjang loading point, dan jumlah passing number. Maka rekomendasi yang diberikan adalah perlunya kondisi loading point dan tinggi bench yang sesuai dengan spesifikasi alat muat backhoe liebherr R9400 yang sesuai dengan SOP loading point, Serta perlunya pengurangan jumlah passing number pada setiap pengisian.

 

 

Kata Kunci : Bucket Fill Factor, Tinggi Jenjang, Produktivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI