DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBUATAN DESAIN PIT DAN PERHITUNGAN CADANGAN BATUBARA BLOK MMCT (MANDIRI MAKMUR CITRA TAMBANG) PADA JOB SITE PT USAHA BARATAMA JESINDO DESA SEKAPUK KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MELISA MARDINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-23


PT Usaha Baratama Jesindo merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penambangan batubara. Di dalam melakukan kegiatan penambangannya PT Usaha Baratama Jesindo memerlukan desain tambang sebagai pedoman atau pegangan agar dapat mencapai mencapai sasaran dan tujuannya. PT Usaha Baratama Jesindo untuk memenuhi sasaran dan tujuannya itu maka memerlukan design pit dan cadangannya sebagai pedoman. Hal yang diperlukan untuk itu diantaranya adalah perhitungan sumberdaya, permodelan endapan batubara, design pit, perhitungan cadangan tertambang dan penentuan batas pit limit yang dalam hal ini adalah batas IUP PT Usaha Baratama Jesindo sehingga didapatkan kondisi dan gambaran untuk perencanaan tambang yang baik.

                Permodelan dan perhitungan sumberdaya serta cadangan batubara dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak minescape 5.7. Perhitungan sumberdaya dan cadangan batubara, permodelan endapan batubara dan penentuan batas penambangan mengacu pada batas IUP PT UBJ serta perancangan pit mengacu kepada data rekomendasi geoteknik yang telah ditentukan perusahaan.

                Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sumberdaya pada daerah IUP PT UBJ sebesar 25.437.897,50 ton, permodelan batubara berupa kontur floor serta perancangan pit sehingga didapatkan cadangan batubara pada pit 01 sebesar 1.888.726,32 ton dengan SR 4.5.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI