DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENETAPAN KADAR PENGAWET PROPIL PARABEN DALAM BODY LOTION YANG BEREDAR DI KOTA BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY (HPLC)
PENGARANG:ENDANG DIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


ABSTRAK

PENETAPAN KADAR PENGAWET PROPIL PARABEN DALAM BODY LOTION YANG BEREDAR DI KOTA BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE HIGH PERFORMANCE LIQUID CHROMATOGRAPHY (HPLC)(Oleh: Endang Diana; Pembimbing: Amalia Khairunnisa; 2019; 50 halaman)

 

Body lotion adalah kosmetik dekoratif yang ditujukan untuk kulit tubuh yang memberikan efek lembut dan memberikan aroma yang khas. Propil paraben merupakan salah satu jenis pengawet yang terdapat pada body lotion. Tujuan penambahan pengawet propil paraben yaitu untuk mencegah kerusakan pada kosmetik yang disebabkan oleh mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar propil paraben yang terdapat didalam sampel body lotion dan mengetahui apakah sampel body lotion memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Penelitian ini menggunakan 3 buah sampel body lotion yang diambil dari toko kosmetik yang beredar di Kota Banjarmasin. Hasil penetapan kadar pengawet propil paraben yang terkandung dalam kosmetik body lotion dengan kode sampel A, B dan C adalah sebesar 0,11% untuk kode sampel A, 0,13% untuk kode sampel B dan untuk kode sampel C tidak mengandung bahan pengawet propil paraben. Artinya pada kedua sampel A dan B tersebut negatif mengandung propil paraben yang sudah ditetapkan oleh PerKa BPOM sebesar 0,4% pengawet tunggal.

 

 

Kata kunci : Kosmetik, Propil paraben, Body Lotion, High Performance Liquid Chromatography (HPLC)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI