DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI MAINTENANCE SEDIMEN POND PADA SETTLING POND NORTH 3 DI PT ADARO INDONESIA KABUPATEN TABALONG, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ILHAM ANSYARUL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


PT. Adaro Indonesia melakukan penambangan batubara menggunakan sistem tambang terbuka (open pit). Sistem tambang terbuka pada kegiatan penambangan akan menghasilkan daerah bukaan tambang, sehingga selama kegiatan penambangan akan menghadapi masalah air. Selama ini yang jadi permasalahan adalah air yang dipompa sudah bercampur dengan material lumpur, sehingga perlu dilakukan penelitian terhadap daya tampung Sedimen Pond untuk melaksanakan maintenance pengerukan lumpur agar jadwal pelaksanaan maintenance menjadi optimal.

Penelitian ini di dilakukan pada Settling Pond North 3 di PT Adaro Indonesia dengan melakukan perhitungan kapasitas atau daya tampung sedimen pond yang dibutuhkan serta mengamati dan memperhitungkan pengaruh laju pengendapan terhadap jadwal maintenance sedimen pond.

 

Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan terhadap kapasitas atau daya tampung sedimen pond pada SP North 3 ialah sebesar 124.800m3 dengan total 6 buah sedimen pond dan dari kemampuan daya tampung sedimen pond dapat dilakukan jadwal maintenance dengan melakukan pengerukan selama 3 bulan sekali.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI