DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI DAN ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN KOTA PARINGIN
PENGARANG:DEDY HARIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


ABSTRAK

 

IDENTIFIKASI DAN ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN KOTA PARINGIN

 

DEDY HARIANTO

H2A213014

 

Dr. IPHAN FITRIAN RADAM, S.T., M.T.

Kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan global. Indonesia dilaporkan masih menjadi salah satu negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia. Badan Pusat Statistik juga menyatakan bahwa kerugian negara pada tahun 2016 karena kecelakaan di jalan raya hampir mendekati Rp. 227 miliar. Oleh karena itu, diperlukan metode pendekatan untuk menekan tingkat kecelakaan tersebut dengan mengidentifikasi dan menganalisis faktor penyebabnya.

Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Kota Paringin melalui media kuesioner dengan meminta pendapat masyarakat sebagai pengguna jalan untuk berpartisipasidalam memberikan masukan terhadap faktor-faktor yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.Ada empat faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan dua puluh sembilan indikator digunakan sebagai variabel penelitiandan pengolahan data menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan software smartPLS.                   

Hasil penelitian didapat bahwa penyebab kecelakaan lalu lintas dari faktor manusia (pengemudi) adalah kurang konsentrasi, kurang disiplin, kurang antisipasi, kecepatan tinggi dan kelelahan.  Faktor kendaraan adalah kerusakan ban, over dimensi dan over load (ODOL), kerusakan sistem kemudi, selip, spare part kendaraan yang tidak terawat, kerusakan sistem lampu dan usia kendaraan terlalu tua. Faktor jalan adalah geometrik jalan/ kemiringan jalan, kerusakan jalan, tidak adanya perlengkapan jalan, penyalahgunaan fungsi jalan dan kondisi perkerasan jalan. Faktor lingkungan adalah hambatan samping, padat penduduk dan banjir.

Adapun penyebab dominan kecelakaan lalu lintas dari faktor manusia (pengemudi) adalah kelelahan, faktor kendaraan adalah kerusakan ban, faktor jalan adalah geometrik jalan/ kemiringgan jalan dan  faktor lingkungan adalah banjir.

Kata kunci : kecelakaan lalu lintas, Partial Least Square, jalan kota

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI