DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA YANG BERORIENTASI HOTSPADA SISWA SMP NEGERI 21BANJARMASIN
PENGARANG:BILLY HAMIDAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


Kemampuan berpikir kritisadalahsalah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) yang harus dimiliki siswa untuk memahami permasalahan matematika. Berdasarkan pengalaman peneliti selama melaksanakan Praktik Pengajaran Lapangan (PPL II)di SMP Negeri 21 Banjarmasin, terlihat bahwa kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa masih tergolong rendah, untuk mendukung dan memfasilitasi pembelajaran dalam mencapai kemampuan berpikir kritis siswa, diperlukan suatu model pembelajaran yang relevan dan berkesinambungan. Salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) MendeskripsikanKemampuan berpikirkritis Siswa SMP Negeri 21Banjarmasin dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi HOTS dengan menerapkanmodel Problem Based Learning,(2) MendeskripsikanKemampuan berpikir kritis Siswa SMP negeri 21Banjarmasin dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi HOTS dengan menerapkanpembelajaran langsung,(3)Mendeskripsikanpengaruh kemampuan berpikir kritis siswa SMP Negeri 21Banjarmasin dalammenyelesaikan soal matematika berorientasi HOTS dengan menerapkanmodel Problem Based Learning dan Pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain penelitian nonequivalen posttest-only control group design. Populasi yang diambil adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21Banjarmasin, dengan pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling dan dilanjutkan dengan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Adapun teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir kritissiswa dalam pembelajaran matematika di kelas yangmenerapkan model pembelajaran Problem Based Learningberada pada kualifikasibaik,(2) Kemampuan berpikir kritissiswa dalam pembelajaran matematika di kelas yangmenerapkan model pembelajaran langsung berada pada kualifikasikurang, (3)terdapat pengaruh darimodel Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, HOTS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI