DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUNGKAPAN DIRI (SELF DISCLOSURE) MELALUI INSTAGRAM PADA GENERASI MILLENNIAL DI BANJARMASIN
PENGARANG:Achmad Yani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


ABSTRAK

 

Achmad Yani, D1C112094, 2019.  Self Disclosure (pengungkapan diri) Melalui Instagram Pada Generasi Millennial di Banjarmasin. Dibimbing oleh Ibu Lalita Hanief dan Noviana Sari.

Alasan peneliti memilih judul tersebut disebabkan oleh banyaknya topik bahasan mengenai generasi millennial yang dinilai dekat dengan penggunaan teknologi terutama dalam media sosial yang diangkat pada media cetak maupun tv nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self disclosure (pengungkapan diri) melalui instagram pada generasi millennial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara tidak tersturktur, studi kepustakaan, dan kuesioner sebagai bahan pengumpulan informasi. Penentuan sampel berjumlah 348 orang dengan taraf signifikansi 5%. Teknik analisa data yang digunakan ialah analisa deskriptif kuantitatif dengan langkah-langkah pengkalisifikasian data, koding, tabulasi, penghitungan nilai mean (rata-rata), median (tengah), modus (paling banyak) yang disajikan dengan tabel frekuensi dan tabel kecenderungan. 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penghitungan statistik deskriptif pada variabel self disclosure melalui kelima indikator menunjukan nilai sedang yaitu  Amount 5.668 < 11.412, Valence 6.773 < 11.177, Accuracy 7.994 < 12.226), Vatness 6.003 < 11.397 dan Intimacy 6.329 < 11.091. Sehingga dapat peneliti simpulkan bahwa pengungkapan diri generasi millennial Banjarmasin melalui instagram berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukan kontrol mengungkapan informasi diri generasi millennial Banjarmasin pada instagram dapat dikatakan cukup baik.

Kata Kunci: Self Disclosure, Generasi Millennial, Instagram

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI