DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEMIRINGAN BANGUNAN GEDUNG BANK BRI SAMUDERA BANJARMASIN
PENGARANG:SENNA YOLANDA ARIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


ANALISIS KEMIRINGAN BANGUNAN GEDUNG BANK BRI SAMUDERA BANJARMASIN

 

Oleh:

Senna Yolanda Ariyanti

 

Pembimbing:

Dr. Rusdiansyah, S.T., M.T.

 

 

ABSTRAK

Dalam penelitian ini membahas tentang analisis kemiringan bangunan gedung Bank BRI Samudera Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pada bangunan tersebut telah mengalami kemiringan sebesar 0,450 ke arah barat bangunan yang diakibatkan oleh penurunan dibawah permukaan tanah bangunan. Untuk mengetahui penyebab kemiringan pada bangunan gedung Bank BRI Samudera Banjarmasin maka dilakukan beberapa analisis yaitu memperhitungkan keamanan daya dukung tanah pada bangunan gedung dan menghitung besar dan waktu nya penurunan.

Metode penelitian yang dilakukan yaitu mengumpulkan data-data sekunder seperti data beban struktur atas dan data tanah meliputi data sondir dan handboring. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung angka keamanan daya dukung tanah pada kedalaman 20 meter. Lalu selanjutnya menghitung besaran dan waktu penurunan yang terjadi selama 10 (sepuluh) tahun. Analisis dilakukan dengan membandingkan angka keamanan pada dua titik pondasi yang ditinjau dengan besaran penurunan selama 10 (sepuluh) tahun untuk mengetahui penyebab kemiringan bangunan Bank BRI Samudera Banjarmasin.

Dari hasil analisis tersebut maka didapatkan bahwa penyebab miringnya Bangunan Bank BRI Samudera Banjarmasin dikarenakan adanya kegagalan daya dukung tanah yang diketahui tidak sampai pada tanah keras, sehingga struktur bawah bangunan mengalami penurunan dan mengakibatkan kemiringan serta kerusakan-kerusakan pada bangunan.

 

Kata kunci : Daya Dukung, Tegangan Tanah, Penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI