DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INOVASI DINAS KEPEMUDAAN OLAHRAGA DAN PARIWISATA DALAM MENGEMBANGKAN WISATA PANTAI DI KABUPATEN SUKAMARA
PENGARANG:Riswannul Karim
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi yang dilakukan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dalam mengembangkan wisata pantai di kabupaten Sukamara dan faktor apa saja yang mendukung pelaksanaan inovasi tersebut.



Tipe penelitian ini menggunakan dasar penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mewawancarai informan yang dianggap memahami terkait dengan inovasi dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata dalam mengembangkan wisata pantai di kabupaten sukamara. Serta melengkapinya dengan beberapa referensi tertulis seperti buku, koran, dan internet.

 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menujukkan bahwa masyarakat sekitar pantai menerima dan memberikan dukungan kepada Dinas Kepemudaan olahraga dan Pariwisata atas inovasi yang telah dilakukan untuk mengembangkan wisata pantai di kabupaten Sukamara. Dinas Kepemudaan olahraga dan Pariwisata melakukan inovasi melalui perbaikan dan pembangunan infrastruktur di sekitar pantai, inovasi yang dilakukan juga telah berhasil meningkatkan jumlah pengunjung. Selain itu, masyarakat sekitar juga sangat terbantu terutama dalam bidang ekonomi. dinas kepemudaan olahraga dan pariwisata dalam mengembangkan wisata pantai di kabupaten sukamara yaitu berupa membangun sarana dan prasarana untuk mempermudah akses menuju pantai, mempercantik pantai yang bertujuan agar menarik minat wisatawan, dan melengkapi fasilitas.

 

Sarannya ialah sebaiknya pemerintah secapatnya merealisasikan rencana yang bekerja sama dengan Dinas perumahan dan pemukiman untuk menemukan sumber air bersih. Pemerintah juga sebaiknya membuat peraturan daerah yang mengatur tentang pariwisata khususnya untuk penarikan distrubusi. Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata kabupaten sukamara sebaiknya bekerja sama dengan tourtravel dan kabupaten lain untuk mempromosikan objek wisata yang ada di kabupaten Sukamara.

 

Kata kunci : Inovasi, Pengembangan, Peningkatan Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI