DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN SKOR PLAK ANTARA MENYIKAT GIGI CARA TRADISIONAL (SIWAK) DENGAN METODE BASS (Tinjauan Terhadap Siswa Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera Banjarbaru)
PENGARANG:RACHMAD YAMANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


ABSTRAK

 

 

PERBANDINGAN SKOR PLAK ANTARA MENYIKAT GIGI CARA TRADISIONAL (SIWAK) DENGAN METODE BASS (Tinjauan Terhadap Siswa Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera Banjarbaru)

 

Rachmad Yamani

 

 

 

Tujuan: untuk menganalisis perbandingan skor plak antara menyikat gigi cara tradisional (siwak) dengan metode bass pada siswa Pondok Pesantren Darul Hijrah Putera Banjarbaru. Metode: penelitimengumpulkan siswa yang akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Tiap sampel dalam kelompok diajarkan dan didemonstrasikan mengenai cara menyikat gigi menggunakan siwak dan sikat gigi dengan teknik bass dan dilakukan evaluasi. Sampel yang digunakan merupakan simple random sampling, yakni sebanyak 109 anak. Sampel kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 54 anak kelompok menyikat gigi menggunakan siwak dan 55 anak kelompok menyikat gigi metode bass. Pada masing masing kelompok diberi pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut serta teknik menyikat gigi yang benar sesuai teknik yang digunakan dalam waktu yang sama. Setiap anak dalam kelompok dioleskan disclosing agent secara merata lalu diinstruksikan untuk berkumur. Setelah itu masing-masing kelompok dilakukan pengukuran indeks plaks. Pengukuran plak menggunakan Indeks PHP. Menginstruksikan sampel melakukan sikat gigi selama 2 menit secara berpasangan dan bersamaan, satu dari kelompok 1 dan satu dari kelompok 2, agar kontrol cara menyikat gigi pada sampel lebih mudah sampai sampel dari masing-masing kelompok selesai. Setelah melakukan sikat gigi, kemudian mengoleskan kembali disclosing agent pada gigi sesuai dengan indeks PHP, lalu berkumur. Kemudian menilai skor plak pada gigi setelah sikat gigi dan mendata skor plak pada gigi. Total skor plak pada gigi akan di jumlahkan dan dihitung menggunakan rumus IP PHP.Hasil: Hasil uji statistik menggunakan uji non-parametrik uji Man Whitney menunjukkan nilai p = 0,000 (p ≤ 0,05).Kesimpulan:terdapat perbedaan bermaknaantara skor plak sebelum dan setelah perlakuan menyikat gigi dengan siwak dan metode bass. Pada kelompok metode bass memiliki nilai skor plak yang lebih rendah daripada kelompok siwak.

 

Kata kunci: siwak, metode bass, skor plak

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI