DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Perencanaan Bisnis Produksi Karagenan di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan
PENGARANG:RAMADANI AKBAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


 

 Salah satu potensi yang ada di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatanadalah rumput laut. Rumput laut adalah tanaman tingkat rendah yang tidak memiliki susunan kerangka seperti akar, batang dan daun. Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan sudah memiliki 243 rumah tangga yang mengembangkan budidaya rumput laut jenis Eucheuma cottonii dengan luas areal 224 Ha. Hasil produksi rumput laut basah mencapai 2.676,4 ton per tahun. Pengembangan pengolahan produk yang sudah ada di Kabupaten Kotabaru berupa industri kecil dan menengah (IKM) seperti pengolahan sirup dan dodol rumput laut. Perencanaan bisnis produk karagenan diharapkan menjadi salah satu alternatif usaha dalam mengembangkan industri di Kabupaten Kotabaru.

Penelitian bertujuan unutk mendeskripsikan spesifikasi mengacu penelitian sebelumnya sesuai dengan standar industri, menganalisis kebutuhan pasar dan membuat perencanaan bisnis industri karagenan.

Perhitungan analisis finansial menggunakan Microsoft Excel 2010. Proses perencanaan bisnis yang dianalisis berasal dari hasil riset sebelumnya yang sudah dilakukan. Analisis pasar meliputi penentuan target pasar melalui proses segmentation, targetting dan positioning serta bauran pemasaran menggunakan kuesioner terhadap strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi tempat. Perencanaan bisnis menjelaskan rencana teknik dan teknologi, rencana manajemen dan organisasi, serta rencana keuangan. Perancangan proses perencanaan bisnis dilakukan untuk menentukan: Net Present Value (NPV), B/C Ratio, Internal Rate of Return (IRR), Payback Period (PP), dan Break Even Point (BEP) yang akan menentukan layak atau tidaknya sebuah usaha dijalankan.

Berdasarkan analisis deskriptif dari hasil riset sebelumnya, didapatkan spesifikasi produk karagenan yaitu kekuatan gel sebesar 550,25 g/cm2, viskositas sebesar 47,23 cP, kadar air sebesar 11,57%, kadar abu sebesar 32,1 %, kadar lemak sebesar  0,985 %, kadar protein sebesar  1,42%, dan kadar karbohidrat sebesar 59,32%  sehingga karagenan yang akan di produksi sudah sesuai standar karagenan komersial.

Target pasar produk karagenan adalah industri-industri yang menggunakan karagenan sebagai bahan tambahan pada produk yang diolah pada industri target pasar tersebut seperti unit usaha pentol/bakso, saos, es krim, dodol, dan kosmetik dengan positioning dari karagenan adalah barang berkualitas dengan tingkat manfaat dan kegunaan yang tinggi. Harga jual karagenan adalah Rp149.389,00 /Kg. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah penjualan langsung ke konsumen atau produk disalurkan melalui distributor.

Kelayakan finansial untuk industri karagenan kapasitas produksi 154.440 Kg/tahun, tenaga kerja 13 orang, dengan masa proyek selama 10 tahun dan lokasi pendirian industri karagenan di Desa Sarang Tiung, Kotabaru Kalimantan Selatan pada luas lahan 523,74 m2, memiliki keuntungan bersih  sebesar Rp1.494.261.208,00 setiap tahun. Berdasarkan analisis finasial, NPV proyek ini sebesar  Rp2.693.919.028,00, IRR mencapai 26,35%, B/C Rasio 1,62, BEP unit produksi karagenan 25.874 Kg tepung karagenan dan PP selama 7 tahun.

Kata kunci:Eucheuma cottonii, Karagenan, Kotabaru, Perencanaan bisnis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI