DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH UKURAN TRUK DAN ALAT GALI TERHADAP BIAYA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT BORNEO ALAM SEMESTA JOBSITE PT BINUANG MITRA BERSAMA DESA IDA MANGGALA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:JULIUS CHAISAR SETIADY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


Julius Chaisar Setiady         :           PENGARUH KAPASITAS TRUK DAN ALAT GALI TERHADAP BIAYA PENGANGKUTAN OVERBURDEN DI PT BORNEO ALAM SEMESTA JOBSITE PT BINUANG MITRA BERSAMA DESA IDA MANGGALA, KECAMATAN SUNGAI RAYA , KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN, KALIMANTAN SELATAN

Peralatan mekanis yang beroperasi di PT Borneo Alam Semesta memiliki perbedaan kapasitas dan biaya sewa alat antara setiap alat angkut (truk) dan alat gali (excavator). Perbedaan kapasitas tersebut akan menimbulkan  ketimpangan produksi overburden pada setiap alat apabila tidak dioperasikan dengan efisien. Ketimpangan produksi itu akan berimbas pada biaya sewa tiap alat, dimana akan mengakibatkan ada alat yang memungkinkan menjadi lebih ekonomis dari pada alat yang lain. Karena itu diperlukan untuk mengetahui pengaruh alat gali muat dan alat angkut beserta kapasitasnya terhadap biaya angkut overburden, mengetahui parameter apa saja yang mempengaruhi besarnya biaya tersebut, serta merekomendasikan alat angkut dan alat gali yang paling ekonomis.

Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi di lapangan dengan mengacu pada data primer dan data sekunder yang telah ada di perusahaan.Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software Ms.Excel 2019 untuk perhitungan produktivitas, efisiensi, alat dan biaya angkut alat mekanis perjam, biaya muat dan biaya penggunaan alat perjam. Penyusunan laporan yang menyajian peta, gambar, tabel, dan grafik. Analisis data dilakukan terhadap hasil pengolahan data dan analisa pembahasan dilakukan dengan cara mengkorelasikan hasil pengolahan data dengan masalah yang diteliti.

 Harga untuk penggunaan DT Nissan CWB 45A yang berkapasitas 8 m3 yaitu Rp 291.828,- lebih murah dari pada Volvo FM 370 yang berkapasitas 10,5 m3, yaitu sebesar Rp 407.485,-. Untuk produksi sendiri, Nissan CWB 45A sedikit lebih besar dibanding Volvo FM 370 meskipun memiliki kapasitas muatan yang relatif lebih kecil. Excavator Hitachi ZX 450 memiliki kapasitas bucket paling besar yaitu 3,00 m3 dibanding Komatsu PC 400-8 yang hanya 2,80 m3 dan Caterpillar 345C 2,60 m3. CAT 345C memiliki biaya sewa per jam yang paling besar yaitu Rp 1.013.335,- dibanding ZX 450 yaitu Rp 991.004,-dan PC 400-8 sebesar Rp 989.212,-.

Kata Kunci : Biaya Sewa Alat, Produksi, Kapasitas Truk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI