DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERHITUNGAN SUMBERDAYA BATUBARA DENGAN METODE CROSS SECTION DAN METODE CIRCULAR PADA PT PRAFA COAL MINING KECAMATAN BATU AMPAR, KABUPATEN TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RIGOBERTO ELLIOT CHRISTATA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


Batubara merupakan salah satu sumberdaya alam yang terdapat di Indonesia dan digunakan sebagai energi alternatif. Kebutuhan batubara sebagai sumber energi alternatif kian hari semakin meningkat. Untuk mengetahui keberadaan potensi endapan batubara tersebut dilakukan eksplorasi. Dari data- data hasil eksplorasi yang didapatkan   dan   dari   data   tofografi   yang   telah dilakukan kita  dapat  menghitung sumberdaya batubara.

            Pada PT Prafa Coal Mining telah dilakukan pengeboran guna mengambil data eksplorasi awal dengan metode open hole sebanyak 11 titik pemboran yang dipilih 3 titik di sekitaran daerah yang diteliti. Metode yang digunakan pada perhitungan sumberdaya daerah penelitian dengan metode cross section dan metode circular, pada metode pertama dibuat sayatan pada badan endapan batubara, kemudian di hitung luas masing-masing endapan batubara dan untuk menentukan volume dengan menggunakan jarak antar sayatan sedangkan dimetode kedua dengan membuat lingkaran-lingkaran, setengah lingkaran pada tiap titik informasi endapan batubara, yaitu singkapan batubara dan lokasi titik pengeboran. Dikarenakan dengan menghitung sumberdaya dengan dua metode, maka dapat mengetahui dan menentukan metode mana yang tepat untuk digunakan dalam menghitung sumberdaya tersebut.

 

Kata-kata kunci :Eksplorasi, Sumberdaya, Metode Cross Section, Metode Circular


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI