DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERMODELAN DAN PERHITUNGAN CADANGAN BATUBARA PADA CV. RIZKI BINTANG, KECAMATAN SIMPANG EMPAT, KABUPATEN BANJAR, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:GUNTUR AKBAR RI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-24


Eksplorasi merupakan kegiatan penyelidikan suatu daerah yang diperkirakan atau yang diketahui mengandung endapan batubara sekaligus membuktikan kuantitas dan kualitas dari endapan batubara tersebut. Tahap eksplorasi berikutnya sampai pada menentukan ukuran, bentuk, letak sebaran kuantitas dan kualitas untuk kemudian dapat dilakukan kajian kemungkinan dilakukannya penambangan.

Penelitian dilakukan di CV Rizki Bintang Pit 1 blok Utara-PTPN yang belum dilakukan kegiatan penambangan. Permodelan batubara, pembuatan tiga variasi sudut lereng tunggal pada tiga variasi kedalaman desain Pit yang menggunakan perangkat lunak komputer minescape 5.7 dan perhitungan volume (overburden dan batubara) menggunakan metode triangulasi. 

Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu memasukan batasan-batasan yang membatasi luasan pit yang telah dijelaskan. Kemudian bentuk sesuai batas-batas tersebut, kemudian untuk lantai dari batas akhir penambangan gunakan  kontur floor pada setiap seam, merancangdesainpit finalditambahkanbatasangeometrilerengsingleslopedengankemiringanslope 40ountuklow wall, 40ountuksidewall dan55ountukhighwall.

Kata Kunci : Eksplorasi, Perhitungan, Cadangan, Sumberdaya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI