DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ESTIMASI SUMBERDAYA BATUBARA DENGAN METODE CROSS SECTION DAN METODE CIRCULAR PADA PT SENAMAS ENERGINDO MINERAL DESA JAWETEN KECAMATAN DUSUN TIMUR, KABUPATEN BARITO TIMUR, PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:MUSA NAYAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-25


     PT Senamas Energindo Mineral merupakan perusahaan yang bergerak pada kegiatan usaha pertambangan yang terletak di Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Provinsi Kalimantann Tengah yang saat ini masih melakukan kegiatan studi kelayakan dan pemboran untuk mengetahui jumlah sumberdaya dan cadangan batubara yang ada di daerah pertambanganya. Sehingga, dapat mengetahui apakah lokasi tesebut layak atau tidak untuk ditambang.Berdasarkan hasil eksplorasi sebelumnya yang dilakukan oleh tim eksplorasi PT Senamas Energindo Mineral , kajian geologi awal menunjukkan bahwa deposit batubara tersebut bernilai potensial. Oleh karena itu, dibutuhkan perhitungan sumberdaya untuk dijadikan sebagai pedoman atau pegangan agar dapat mencapai sasaran dan tujuannya.

            Estimasisumberdayabatubara dengan menggunakan dua metodeyaitu metode crosssection yang dapatmenggambarkan kondisiendapan, tanah penutup(overburden)danbatubara padatiappenampangnya.dan metode Circular yang menggunakandatalubangtitikboryang beradaditengah-tengah Poligon Circular sebagaipenafsiran dalammenghitungluasan.

Hasilestimasimenggunakanmetodecrosssectiondiperolehvolumesebesar 5,312,219.90 ton,sedangkanmenggunakanCirculardiperolehvolumesebesar 5,541,887.00 ton denganselisihdiantarakeduametodesebesar229,657.08dan perbandinganrelatif sebesar 2.12 %.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI