DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS DEFORMASI PADA OPRIT OVERPASS KALADAN DAN PERANCANGAN STRUKTUR PENAHAN DEFORMASI
PENGARANG:PUSPA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-25


ANALISIS DEFORMASI PADA OPRIT OVERPASS KALADAN DAN PERANCANGAN STRUKTUR PENAHAN DEFORMASI

Oleh:

Puspa Sari1)

Pembimbing:

Hutagamissufardal2)

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax.(0511) 4781730

Email: Puspasari2456789@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Secara umum, resiko penurunan tanah terjadi akibat perbedaan kestabilitas tanah dibawahnya terhadap daya dukung bangunan timbunan diatasnya. Berdasarkan fakta lapangan, terjadinya keruntuhan pada lapisan flexible pavement dan rigid pavement karena adanya pengaruh yang kompleks dari ketidakstabilan timbunan dan daya dukung tanah dasarnya yang bersifat lunak atau homogen, sehinggamenyebabkan adanya penurunan/deformasi pada timbunan oprit overpass Kaladan. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis pemeriksaan dengan metode perkuatan yang sesuai agar tanah timbunan tidak mengalami penurunan dan kelongsoran yang berlebih.

Pemeriksaan terhadap kelongsoran tanah akibat penurunan/deformasi yang digunakan ada tiga pembahasan, yaitu analisis terhadap tinggi kritis, analisis terhadap daya dukung tanah timbunan dan analisis terhadap bahaya squeezing. Adapun metode perkuatan yang diterapkan untuk timbunan digunakan perkuatan geotekstil dan untuk tanah dasarnya menggunakan perkuatan cerucuk jenis kayu galam.

Dalam analisis deformasi pada timbunan 4 m oprit overpass Kaladan di Kabupaten Marabahan Provinsi Kalimantan Selatan didapatakan hasil, untuk tinggi kritis 0,22 m ; daya dukung ijinnya 3,28 t/m2 ; dan beban timbunan sebesar 7,60 t/m2. Geotekstil untuk perkuatan yang diperlukan ada 6 buah dengan jarak (0-2) m diperlukan 2 buah spasi 1 m dan (2-4) m diperlukan 4 buah dengan spasi 0,5 m. Sedangkan cerucuk galam digunakan diameter 12 cm dan panjang 6 m dengan daya dukung satu tiangnya sebesar 0,998 ton/tiang sehingga diperlukan jumlah tiang cerucuk sebanyak 14 buah/m2.

 

Kata kunci: Deformasi, tinggi kritis, daya dukung, bahaya squeezing, perkuatan geotekstil,   perkuatan cerucuk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI