DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN METODE FUZZY-MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION OF RATIO ANALYSIS (MOORA) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KUALITAS TAMAN KANAK-KANAK (TK)
PENGARANG:WELDA NULJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-25


Kualitas pendidikan pada suatu negara harus terus diperhatikan, tidak hanya jenjang pendidikan sekolah dasar, sekolah menengah dan perguruan tinggi saja yang kualitasnya harus terus diperhatikan. Namun, kualitas pendidikan anak usia dini baik non-formal atau formal seperti Taman Kanak-kanak patut diperhatikan juga, karena pada kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satu lembaga yang membantu mengawasi dan membantu peningkatan kualitas pendidikan usia dini ialah Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD & Dikmas). Proses penialian dilakukan dengan proses data lembaga disimpan oleh sistem, kemudian data diproses berdasarkan ketentuan standar kriteria dan subkriteria yang ada dengan menggunakan metode Fuzzy- Multi Objective Optimization of Ratio Analysis (MOORA).  Dari proses tersebut didapatkan hasil kualitas lembaga TK dari tingkat kualitas tertinggi - terendah, pada sistem admin dapat memperhatikan standar yang masih kurang atau cukup dipenuhi oleh setiap lembaga. Hasil penilaian dengan menggunakan sistem yang dibuat dan yang sudah ada menghasilkan nilai akurasi sebesar 60 % dimana untuk hasil penilaian dengan sistem yang dibuat ranking 1, 2, 5, dan 6 meraih urutan  yang sama dengan penilaian berdasarkan sistem BP-PAUD dan Dikmas, sedangkan untuk ranking lainnya mengalami sedikit perbedaan dengan penilaian berdasarkan sistem BP-PAUD seperti TK yang meraih ranking 3 pada sistem, berada diranking 7 pada penilaian dengan sistem BP-PAUD, ranking 4 pada sistem, berada diranking 9 dipenilaian dengan sistem BP-PAUD, ranking 7 pada sistem, berada diranking 4 pada penilaian dengan sistem BP-PAUD, ranking 8 pada sistem, berada diranking 10 pada penilaian dengan sistem BP-PAUD, ranking 9 pada sistem, berada diranking 3 pada penilaian dengan sistem BP-PAUD, dan ranking 10 pada sistem, berada diranking 8 pada penilaian dengan sistem BP-PAUD.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI