DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI KETERDAPATAN MATERIAL KONSTRUKSI JALAN DANJEMBATAN DI PULAU LAUT, PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:FAJAR DWI M
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-25


 

ABSTRAK

Sejalan dengan pengembangan dan pembangunan berbagai sarana dan prasarana, kebutuhan akan batuan untuk material konstruksi dari tahun ke tahun meningkat pesat. Dengan adanya potensi batuan untuk material konstruksi jalan di wilayah-wilayah kabupaten pada Provinsi Kalimantan Selatan dan dalam rangka upaya untuk menginventarisasi batuan, maka dilakukan penelitian pada beberapa kabupaten di Pulau Laut.

Rencanalintasan1 dibuatberdasarkanaksesjalandari Kotabaru menujuDesa Gedambaan melewati Desa Sarang Tiung denganpanjangrencana  lintasan +60 Km. Pada rencanalintasaniniformasibatuan yang menjadi target observasi, yaituformasi pudak,formasi batuan ultrabasa dan formasi malihan, selainitu pada rencanalintasanini juga melintasiformasi alluvium, dahor, berai dan tanjung yang berkembang didaerah penelitian.

Rencanalintasan 2 dibuatberdasarkanaksesjalandari Kotabaru menujuDesa Semaras melewati Desa Semisir denganpanjangrencanalintasan +21Km. Pada rencanalintasaniniformasibatuan yang menjadi target observasi, yaituformasi pudak, formasi batuan ultrabasa dan formasi malihan, selainitu pada rencanalintasanini juga melintasi formasi alluvium, dahor, berai dan tanjung yang berkembang didaerah penelitian.

Keterdapatanserpentinite di lokasipenelitianberupabongkahanbatuan yang kaya akan mineral mafik disertaiunsur Fe. Serpentinite dijumpai pada formasibatuanmalihan yang berumur Jura Tengah-Akhirdengansatuanmorfologisekitarberupaperbukitanbergelombang dan tanahsekitarberupaendapanlateritberwarna coklat-kemerahan. Sebaran batuan kelompok serpentinite ditemukan pada formasibatuan ultramafik dan batuan malihan yang di perkirakanberumur Jura Tengah-Akhir dan menempatidaerahsatuanmorfologiberupaperbukitanbergelombang dan beberapa pegunungan. Berdasarkanpedekatanluasanformasi batuan tersebut yangberkembang di daerahpenelitianmakadiperkirakansebarankelompok batuan inisebesar +823Ha.

 

Kata Kunci : Batuan,Serpentinite, Konstruksi, Formasi, Lintasan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI