DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI IPA SMAN 11 BANJARMASIN
PENGARANG:Julian Yudani
PENERBIT:-
TANGGAL:2017-12-07


Penerapan model dan metode yang kurang sesuai dengan karakteristik materi ajar
berdampak terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Oleh sebab
itu, dilakukan penelitian dengan tujuan secara umum untuk mendekripsikan cara
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pengajaran langsung
dengan metode mind mapping pada pembelajaran fisika di kelas XI IPA SMAN
11 Banjarmasin. Adapun tujuan penelitian secara khusus untuk mendeskripsikan:
(1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) aktivitas siswa, dan (3)
hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan desain Hopkins. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan dua
pertemuan per siklusnya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi
dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan RPP secara
keseluruhan meningkat dari 66,84% menjadi 78,83% dengan kategori yang tetap
yakni baik, (2) aktivitas siswa meningkat dari 68,12% menjadi 75,38% dengan
kategori tetap yakni aktif, (3) hasil belajar siswa meningkat dari 54,84% dengan
kategori tidak tuntas menjadi 90,91% dengan kategori tuntas, Diperoleh simpulan
bahwa pengajaran langsung dengan metode mind mapping dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 11 Banjarmasin melalui cara
guru mengoptimalkan penjelasan materi yang dipelajari, meminta perwakilan
siswa untuk menuliskan jawabannya di depan kelas, serta meminta siswa
mengerjakan soal pelatihan lanjutan dan membuat mind mapping.
Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, pengajaran langsung, mind mapping

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI