DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Evaluasi Produktivitas Alat Gali Muat Untuk Aktivitas Pembongkaran dan Pemuatan Material Overburden di CV Gunung Sambung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:EDY SUWANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-25


ABSTRAK

                Salah satu penentu keberhasilan dalam produksi penambangan adaah seberapa besar produktivitas alat mekanis tersebut dapat dimanfaatkan seefektif dan seefesien mungkin dalam melakukan pekerjaannya agar hasil yang diperoleh bias maksimal, masih rendahnya kemampuan produksi alat mekanis saat ini disebabkan berkurangnya wakti kerja efektif, sehingga efisiensi kerja alat menurun yang secara umum ditimbulkan oleh dua hal yaitu permasalahan pada waktu siklus kerja dan adanya waktu hambatan saat jam kerja. Pentingnya penggunaan peralatan mekanis dalam kegiatan penambangan sehingga perlu adanya dilakukan peningkatan penggunaan alat gali muat agar target produksi yang telah ditetapkan dapat tercapai. Laju produksi pembongkaran overburden dipengaruhi oleh tingkat produktivitas peralatan mekanis yang digunakan, semakin besar produktivitas alat tersebut makin cepat sasaran produksi tercapai. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui kondisi pembongkaran dan pemuatan overburden, menghitung produktivitas alat gali muat Komatsu PC850SE, dan mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas alat gali muat Komatsu PC850SE.

Metode yang dipakai untuk pengambilan data dalam penelitian ini dilandasi pada metode penghitungan aktual di lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil aktual pula. Rancangan kegiatan penelitian ini terdiri dari studi literatur, pengambilan data, pengolahan dan analisis data lalu penyusunan laporan.

Setelah melakukan evaluasi dengan cara menurunkan Cycle Time menggunakan acuan handbook komatsu dengan swing angle 450 - 900 hasil pencapaian target produktivitas alat gali muat Komatsu PC850SE Ex-803 yaitu sebesar 343 Bcm/jam dan Komatsu PC850SE Ex-804 sebesar 330,8 Bcm/Jam.

Kata-kata Kunci : Produvktivitas,  swing angle

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI