DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Penyebab Kelongsoran dan Perancangan Bangunan Penahan Longsor di Ruas Jalan KM. 98 Kecamatan Kuaro Kalimantan Timur
PENGARANG:RIZKA DEWANTARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-26


ANALISIS PENYEBAB KELONGSORAN DAN PERANCANGAN BANGUNAN PENAHAN LONGSOR DI RUAS JALAN KM. 98 KECAMATAN KUARO KALIMANTAN TIMUR

 

Rizka Dewantari1, Hutagamissufardal2

1Mahasiswa, S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

2Dosen, S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Email: rizkadewantari8@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Kelongsoran terjadi akibat faktor alami dan faktor pemicu. Seperti halnya pada kelongsoran yang terjadi di ruas jalan KM. 98 Kecamatan Kuaro di Kabupaten Paser. Konstruksi dinding penahan tanah yang ada di ruas jalan tersebut telah mengalami pergeseran kurang lebih 50 cm dan dinding penahan tanah disebelah selatan terjadi rembesan air, bahkan tidak adanya sistem drainase permukaan di ruas jalan ini, hal ini menambah ketidakstabilan konstruksi dinding penahan tanah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kelongsoran pada ruas jalan KM. 98 Kecamatan Kuaro, Kalimantan Timur.

 

            Untuk mengetahui penyebab kelongsoran yang ada maka perlu dilakukannya analisis, sehingga hasil akhir dapat dilakukannya perancangan dinding penahan tanah yang  aman. Dari hasil perencanaan ulang dinding penahan tanah dengan tipe kantilever diketahui bahwa bangunan tidak aman terhdap geser dan daya dukung tanah, sehingga dilakukan perancangan fondasi tiang.

 

            Dari hasil perencanaan dimensi drainase di lapangan dipakai dimensi  b = 1 m dan h = 1 m karena mendekati dari Qtotal = 9,606 m3/s yaitu Qtampang =  10,41 m3/s. Hasil perancangan tiang pancang dengan membandingkan antara Qg dengan Qbeban pada kapasitas dukung kelompok di ambil kesimpulan bahwa untuk kapasitas dukung kelompok memenuhi persyaratan yang ada yaitu Qg  Qbeban. Sehingga perancangan tiang pancang digunakan tiang kelompok dengan kedalaman L = 4 m dan .

 

Kata kunci: Kelongsoran, stabilitas terhadap erosi bawah tanah (piping), dinding penahan tanah, fondasi tiang.

 

 

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI