DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN TIMBUNAN TANAH BIASA PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN AKSES PELABUHAN TRISAKTI – LIANGANGGANG KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD INDI KAMIL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-26


STUDI METODE PELAKSANAAN PEKERJAAN TIMBUNAN TANAH BIASA
PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN AKSES
PELABUHAN TRISAKTI – LIANGANGGANG KALIMANTAN SELATAN

Di buat :
Muahammad Indi Kamil
NIM. H1A112036

Teknik Sipil, Fakutas Teknik, Universitas Lambung Mngkurat.
Koresponden Penulis :
muhammadndkml@gmail.com


ABSTRAK

                        Di dalam pelaksanaan pekerjaan teknik sipil terutama pada pekerjaan pembangunan jalan, dimana akan dihadapkan pada masalah metode pelaksanaan. Penentuan metode pelaksanaan pekerjaan sangat di pengaruhi oleh lingkup proyek dan sumber daya yang dimiliki. Proyek pembangunan jalan akses pelabuhan Trisakti - Liang Anggang Kalimantan Selatan terdapat volume timbunan tanah biasa sebesar 50.000 m3 yang harus di kerjakan oleh sub kontraktor PT. Karya Permata Sejahtera selama 130 hari kalender.

                         Subkontraktor merencanakan pekerjaan tersebut dengan melibatkan supplier (bahan timbunan tanah biasa dari quarry sampai dengan lokasi proyek), sedangkan pekerjaan penghamparan dan pemadatan timbunan tanah biasa di lakukan oleh subkontraktor sendiri. Subkontraktor mempunyai tujuan untuk membuat metode pelaksanaan pekerjaan timbunan tanah biasa mulai dari penghamparan sampai dengan pemadatan.

             Dalam pengerjaan Penghamparan dan pemadatan di butuhkan alat berat. Alat berat dapat di tentukan dengan adanya metode pelaksanaan pekerjaan penghamparan dan pemadatan urugan tanah biasa. Tujuan subkontraktor membuat metode pelaksaan dalam proyek pembangunan jalan akses pelabuhan Trisakti - Liang Anggang Kalimantan Selatan ini agar dapat menentukan tahap tahap pelaksanaan dan penggunaan alat berat yang tepat dalam melakukan pekerjaan timbunan tanah urugan biasa.

                        Hasil yang di peroleh dari penelitian ini adalah berupa metode pelaksanaan pada pekerjaan timbunan tanah biasa mulai dari penghamparan sampai dengan pemadatan. Dan komposisi alat berat dalam mengerjakan penghamparan dan pemadatan pada proyek pembangunan jalan akses pelabuhan Trisakti - Liang Anggang Kalimantan Selatan.

Kata Kunci : Metode pelaksanaan, penghamparan dan pemadatan, alat berat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI