DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISA PRODUKTIVITAS ALAT MEKANIS PADA LAHAN REKLAMASI DI PIT MELATI SITE MALINTUT PT MULTI TAMBANGJAYA UTAMA KABUPATEN BARITO SELATAN, KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:NUR KHOLIK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-26


 

Pembongkaran dan pemuatan material soil merupakan salah satu kegiatan yang sangat mempengaruhi dalam kegiatan penataan lahaan reklamasi, makin cepat kegiatan pembongkaran dan pemuatan material soil maka kegiatan selanjutnya juga akan semakin cepat. Laju produksi pembongkaran soil dipengaruhi oleh tingkat produktivitas peralatan mekanis yang digunakan, semakin besar produktivitas alat tersebut makin cepat sasaran produksi tercapai.

Diharapkan pada periode pascatambang, lahan bekas penambangan masih mempunyai kemampuan mendukung usaha pemanfaatan selanjutnya atau setidaknya kondisi tersebut harus dikembalikan mendekati kondisi sebelum dilakukan penambangan..

Pada hasil pengolahan data diatas didapatkan hasil produktivitas perjam alat gali muat Komatsu PC 200 pada yaitu sebanyak 125,87 BCM/jam, dengan efisiensi kerja alat sebesar 0,80 %. Sedangkan pada alat angkut Hino 500 FM 260 JD didapatkan hasil produktivitas sebanyak 55,14 LCM/jam. Dengan faktor keserasian (match factor) alat gali muat dan alat angkut sebesar 0,95. 

Kunci  :  Reklamasi, Pembongkaran, Pemuatan, Soil, Produktivitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI