DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNG PAGAR 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MERY WILDA HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-29


ABSTRAK

 

MERY WILDA HASANAH, NIM A1D115051, 2019, Penerapan Media          Pembelajaran Senam Lantai Kayang Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 4 Banjarmasin. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Drs. H.M. Mulhim, M.Pd (II) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or.,M.Pd.

            Tujuan penelitian ini adalah penerapan media gambar agar dapat meningkatkan hasil gerakan senam lantai kayang pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 4 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu peneliti sebagai pengamat. Pengamatan pada saat waktu proses belajar mengajar berlangsung.

            Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV (empat) di Sekolah Dasar Negeri Tanjung Pagar 4 Banjarmasin tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 orang peserta didik, sampel penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik, yang terdiri dari 17 putra dan 19 putri.            Proses peningkatan kemampuan hasil belajar pada materi senam lantai kayang sesudah diterapkan menggunakan media gambar dan gym ball, mendapatkan hasil yang baik berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu sebesar 70.

            Ditetapkan hasil melalui penerapan media gambar dan gym ball dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam melakukan gerakan senam lantai kayang dengan rata – rata nilai sebagai berikut:

Pengamatan pertemuan pertama adalah nila rata – rata 62.5 jumlah peserta didik yang mencapai KKM 70 berjumlah 10 peserta didik dengan presentase 27.77% dan jumlah peserta didik tidak mencapai KKM berjumlah 26 peserta didik dengan presentase 72.23%. dan pada pertemuan kedua nilai rata – rata 82.44 jumlah peserta didik yang mencapai KKM 70 berjumlah 36 peserta didik dengan presentase 100% dan jumlah peserta didik tidak mencapai KKM berjumlah 6 peserta didik dengan presentase 0% sehingga penelitian ini dihentikan di pertemuan kedua (II).

 

Kata kunci  : Hasil Belajar, Senam Lantai Kayang, Gerak Dominan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI