DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PEMBEDAYAAN KELOMPOK NELAYAN DALAM PROGRAM DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN DI DESA SETARAP KECAMATAN SATUI KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:DARMANSAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-29


ABSTRAK

Darmansah ( D1B114283 : 2019 ) : “ Evaluasi Pemberdayaan Kelompok Nelayan dalam Program Dinas Kelautan dan Perikanan di Desa Setarap Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu  . Di bawah bimbing Dra.Hj. Sandra Bhakti Mafriana, M.Si selaku pembimbing I dan Dr. Budi Suryadi, M.Si selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Keberdayaan Kelompok Nelayan dalam Program Dinas Kelautan dan Perikanan di Desa Setarap Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif dengan metode penelitian survei menggunakan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Guttman menggunakan dua jawaban alternatif. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner (angket), observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis parsial, teknik analisis komposit dan teknik analisi statistik deskriptif.

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat kesadaran dan keinginan untuk berubah (Power Within) masyarakat sasaran program pemberdayaan sudah dapat dikatakan optimal dan masuk dalam kategori TINGGI berada pada interval 630 sampai dengan 840. Tingkat kemampuan meningkatkan kapasitas dan memperoleh akses (Power To) masyarakat sasaran program pemberdayaan sudah dapat dikatakan optimal dan masuk dalam kategori TINGGI berada pada interval 675 sampai dengan 900. Tingkat kemampuan menghadapi hambatan (Power Over) sasaran program pemberdayaan sudah dapat dikatakan optimal dan masuk dalam kategori TINGGI berada pada interval 615 sampai dengan 840. Tingkat kemampuan menghadapi hambatan (Power Over) sasaran program pemberdayaan sudah dapat dikatakan optimal dan masuk dalam kategori TINGGI berada pada interval 615 sampai dengan 840. Tingkat kemampuan membangun solidaritas dan kerjasama (power with) sasaran program pemberdayaan sudah dapat dikatakan optimal dan masuk dalam kategori TINGGI berada pada interval 465 sampai dengan 760.

            Adapun saran kepada pemerintah dan masyarakat. Pemerintah, khususnya dinas kelautan dan perikanan dalam menjalankan program pemberdayaan agar perlu meningkatkan pendampingan yang lebih baik lagi agar program yang diturunkan bisa tepat sasaran dan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, masyarakat sebagai sasaran program pemberdayaan mampu memanfaatkan semaksimal mungkin program yang telah diturunkan pemerintah untuk mewujudkan kehidupan layak dan sejahtera.

Kata Kunci :  Pemberdayaan Kelompok, Pemberdayaan Kelompok Nelayan,   Program Dinas Kelautan dan Perikanan

 

ABSTRACT

Darmansah “Evaluation of Fisherman Group Empowerment in Department of Maritime Affairs and Fisheries Program in Setarap Village Satui Sub-district Tanah Bumbu District”. Under mentoring Draft. Hj. Sandra Bhakti Mafriana, M.Si as supervisor I and Dr. Budi Suryadi, M.Si as supervisor II.

This research goal is to find out the grade of Fisherman Group Empowerment in Department of Maritime Affairs and Fisheries Program in Setarap Village Satui Sub-district Tanah Bumbu District.

In this research use quantitative and qualitative enhancement with descriptive type of research, by survey method using questionnaire form as collecting primary data tools. Scale that used in this research is Guttman scale which use two option answers. In collecting data technically use questionnaire form, observation, interview and documentation. While for analyzing data technically used in this research is technical of partial analysis, technical of composite analysis and technical of descriptive statistic analysis.

By the result and study of this research shows that the rank of awareness and willing to change (Power Within) of the society as Empowerment program target can be said as optimal and included in HIGH category, in interval 630 until 840. The grade of increasing capacity and getting access skills (Power To) in the society as Empowerment program target can be said as optimal and included in HIGH category in interval 675 until 900. The grade of facing obstacles skills (Power Over) can be said as optimal and included in HIGH category in interval 615 until 840. The grade of building solidarity and teamwork skills (Power With) in the society as the empowerment program target can be said as optimal and included in HIGH category in interval 465 until 760.

The advice to the government and society. Government, especially Department of Maritime Affairs and Fisheries in running the empowerment program need to improve the mentoring so that the program can be right targeted, and also can actualize the society welfare. Second, community in this program as the target of the empowerment program can maximally use the benefit of the government program to realize their welfare life.

Keywords:   Group Empowerment, Fisherman Group Empowerment, Department of Maritime Affairs and Fisheries

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI