DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS TEKNIK KOLASE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBUAT HANTARAN MAHAR PADA ANAK TUNARUNGU KELAS X DI SLB NEGERI 1 TAPIN
PENGARANG:NOR IHJATUL ELMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-29


NOR IHJATUL ELMA. A1F115057. 2019 “Efektivitas Teknik Kolase Dalam Meningkatkan Keterampilan Membuat Hantaran Mahar Pada Anak Tunarungu Kelas X Di SLB Negeri 1 Tapin”. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1 : H. Fauzul Adhim, M.Pd dan Pembimbing II : Machmud Fauzi, M.Pd

Kata Kunci : Teknik Kolase, Keterampilan, Anak Tunarungu

Keterampilan membuat hantaran mahar dilakukan karena sekolah yang masih minim dalam pengembangan keterampilan untuk anak, sekolah hanya menyediakan pengembangan keterampilan anak berupa tata boga, pertanian dan menjahit. Menjahit itupun baru akan mulai dilaksanakan, untuk keterampilan dalam bentuk pertanian tidak berjalan dengan baik berhubung bahan yang didapat susah. Oleh karena itu untuk mempersiapkan peserta didik khususnya bagi anak tunarungu yang telah duduk di tingkat menengah atas dan membekali berwirausaha dengan tujuan setelah peserta didik lulus sekolah tersebut diharapakan mampu menerapkan dalam kehidupannya atau menjadi mata pencaharian dalam melanjutkan hidupnya kelak.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design. Setting penelitian dilakukan di SLB Negeri 1 Tapin. Penelitian dilakukan di kelas X dan subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik di kelas X yang terdiri dari dua orang. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan penyajian data melalui tabel dan perhitungan persentase.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan skor tes keterampilan membuat hantaran mahar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan teknik kolase. Nilai rata-rata pre-test anak adalah 55,95 % dan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan teknik kolase mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata post-test anak 91,66 %. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa teknik kolase efektif dalam meningkatkan keterampilan membuat hantaran mahar pada anak tunarungu kelas X di SLB Negeri 1 Tapin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI