DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFESIENSI PEMASARAN USAHA BUDIDAYA IKAN MAS (Cyprinus Carpio) DI DESA MURUNG PANTI HULU KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD HERRY IRWANSYAH
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN
TANGGAL:2017-12-12


 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  menganalisis  pola  saluran  pemasaran,  (2) 

menganalisis share harga pembudidaya ikan, (3) menganalisis margin pemasaran, dan (4) 

rasio  biaya  dan  keuntungan  pelaku  pasar,metode  penentuan  sampel  responden (pembudidaya ikan) dengan teknik Sampling Jenuh (Sampling Sensus) dan penentuan 

lembaga pemasaran dengan metode (Snowball Sampling) penelitian ini dilaksanakan di 

Desa Murung Panti Hulu Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan,data responden yang didapat berjumlah 10 orang, terdiri dari 5 orang dari 2 kelompok yang aktif yaitu POKDAKAN (Kelompok Pembudidaya Ikan) yang pertama ialah POKDAKAN Do’a Bersama dan POKDAKAN Kayuh Baimbai masing – masing sebanyak 5 orang anggota aktif. hal ini dapat dilihat dari rendahnya harga jual ikan mas yang diperoleh pembudidaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua  

saluran ikan mas (Cyprinus Carprio)di Desa Murung Panti Hulu, yaitu (1) Saluran 1 

terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, pedagang pengecer, konsumen akhir (Pasar Amuntai),  Saluran 2 terdiri dari pembudidaya, pedagang pengumpul, konsumen 

akhir (Pasar Amuntai). (2) Farmer’s share pada POKDAKAN Do’a Bersama diperoleh 

hasil sebesar 71,4% dan Farmer’s share pada POKDAKAN Kayuh Baimbai sebesar 78,6 

%, nilai farmer share kedua kelompok pembudidaya masih lebih besar dari nilai margin pedagang  pengumpul  dan  pengecer,  maka  usaha  budidaya  dapat  dilanjutkan  karena efisisen, (3) Margin pemasaran pada POKDAKAN Do’a Bersama : Harga Rp.20.000,00 Margin  pedagang  pengumpul  Rp.  3.000,00  Margin  pedagang  pengecer  Rp.5.000,00  Margin  pedagang  pengumpul  berdasarkan  harga  pokok  =  15  %  ,Margin  pedagang pengecer berdasarkan harga pokok = 25%, Margin pedagang pengumpul berdasarkan harga eceran  = 11% ,Margin pedagang pengecer  berdasarkan harga eceran = 18 % , Margin pemasaran pada POKDAKAN Kayuh Baimbai : Harga Rp.22.000,00 Margin pedagang  pengumpul  Rp.  3.000,00  Margin  pedagang  pengecer  Rp.5.000,00,  Margin pedagang  pengumpul  berdasarkan  harga  pokok  =  4  %  ,Margin  pedagang  pengecer berdasarkan harga pokok = 22 %, Margin pedagang pengumpul berdasarkan harga eceran  

 4 % ,Margin pedagang pengecer  berdasarkan harga eceran = 18 %. (4) Rasio biaya dan keuntungan pada POKDAKAN Do’a Bersama yaitu Sbì = 35 % dan SKì = 65 % , pada POKDAKAN Kayuh Baimbai yaitu Sbì = 46,6 % dan SKì = 53,3 %, dari perhitungan kedua rumus Rasio biaya dan keuntungan diatas ialah untuk mengetahui nilai dari bagian biaya dan keuntungan usaha budidaya ikan mas di Desa Murung Panti Hulu. Bagian biaya lembaga pemasaran pada dua kelompok ialah Sbì = 35 % , dan 46,6 % . sedangkan bagian keuntungan lembaga pemasaran pemasaran pada dua kelompok ialah SKì = 65 % ,dan 53,3 %. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai keuntungan lembaga pemasaran lebih besar dari biaya yang dikeluarkan dan nilainya masih merata. 

 

 

 

Kata kunci: Pola Saluran Pemasaran, Efesiensi Pemasaran, Usaha Budidaya, Ikan Mas. 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI