DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PENANGANAN KELONGSORAN SUNGAI TABALONG, KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANUGRAH DWI ADJAR PRAMANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-30


ABSTRAK

 

Kabupaten Tabalong adalah Kabupaten yang terletak di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Ibu kota Kabupaten di kota Tanjung. Luas wilayah Kabupaten Tabalong adalah 3.496 km2, dikabupaten Tabalong, tepatnya di Jl. Tepian belakang Bank Kalsel cabang Tanjung pada STA 0 + 050 sampai dengan STA 0 + 150 terdapat ruang terbuka hijau berupa taman siring  yang di bangun di pinggiran sungai tabalong. Taman siring ini diharapkan berfungsi untuk memperindah tata ruang terbuka hijau. Taman siring ini hanya dikhususkan untuk para pejalan kaki. Salah satu infrastruktur/prasarana pendukung taman siring ini yaitu dinding turap sheet pile dari baja.

Studi penanganan kelongsoran berupa perencanaan turap beton, dimulai dengan analisa data sekunder berupa data sondir dan data laboratorium. Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan gaya-gaya yang bekerja pada turap, analisa stabilitas lereng, perhitungan daya dukung tiang pancang terhadap beban vertikal dan horizontal.

Dari hasil perencanaan didapatkan kedalaman turap yaitu 5,5 meter dengan panjang total turap 8 meter, profil turap didapat CCSP W-500-1000. Untuk stabilitas lereng tanpa perkuatan didapat SF = 1,62. Berdasarkan hasil analisa stabilitas lereng dengan program GeoStudio 2012. Daerah garis kelongsoran berada pada kedalaman 6.5 meter, memenuhi syarat dan dapat dikatakan aman (SF 2,267 > 1,25) karena telah melewati garis kelongsoran.

 

Kata kunci : perancangan turap, dinding turap.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI