DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Kesadaran Diri Dengan Flow Akademik Pada Siswa Di Daerah Lahan Gambut
PENGARANG:JAYANTI PUJI ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-30


 

Sekolah yang berada di lahan gambut akan mengalami dampak lingkungan seperti banjir maupun kabut asap yang kemungkinan akan berdampak pada menuruunnya konsentrasi dan antusiasme siswa dalam mengikuti proses belajar. Seorang siswa diharapkan memiliki kesadaran diri agar dapat mengalami perasaan flow ketika belajar dikelas walaupun dalam keadaan lingkungan yang kurang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran diri dengan flow akademik pada siswa di daerah lahan gambut. Respon dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 1 Gambut sebanyak 232 siswa dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert dengan empat pilihan respon yang terdiri dari skala kesadaran diri dan skala flow akademik. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Karl Person. Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara kesadaran diri dengan flow akademik pada siswa di lahan gambut memiliki korelasi 0,588 (p < 0,05). Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan dengan kategori sedang dan positif antara kedua variabel, artinya semakin tinggi kesadaran diri maka semakin tinggi flow akademik, sebaliknya semakin rendah flow akademik maka semakin rendah pula kesadaran diri. Sumbangan efektif untuk kesadaran diri terhadap flow akademik sebesar 34,6% sedangkan 65,4% sisanya adalah sumbangan dari variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI