DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI PANJANG LENGAN KELENTUKAN PERGELANGAN TANGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS PEMAIN BOLA VOLI SMAN 1 GAMBUT
PENGARANG:M. GAPURI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-31


ABSTRAK

M.GAPURI. NIM. A1D0 11221. Kontribusi Panjang Lengan Kelentukan Pergelangan Tangan dan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Kemampuan Servis Atas Pemain Bola Voli SMAN 1 Gambut. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing: (I) Drs. Athar,M.Kes (II) Drs. H. M.Kusaini, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya kontribusi panjang lengan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut, 2) Ada tidaknya kontribusi kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut, 3) Ada tidaknya kontribusi kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut, 4) Ada tidaknya kontribusi panjang lengan, kelentukan pergelangan tangan dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut.

Metode yang digunakan dalam peneliitian ini adalah metode Expost facto, sedangkan teknik pengambilan data dilakukan dengan serangkaian tes dan pengukuran.

Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 orang yang merupakan seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Gambut, dan yang menjadi sampel berjumlah yang 24 orang, dengan teknik total sampling.  

Hasil analisis penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Ada kontribusi panjang lengan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut, 2) Ada kontribusi kelentukan pergelangan tangan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut, 3) Ada kontribusi kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut, 4) Ada kontribusi panjang lengan, kelentukan pergelangan tangan dan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis atas bola voli Peserta didik Putera SMA Negeri 1 Gambut.

 

Kata Kunci : Panjang Lengan,Kelentukan Pergelangan Tangan dan Kekuatan Otot Lengan, Servis Atas Bola Voli

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI