DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Profil Risiko Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017)
PENGARANG:HELMA SAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-31


Helma Sami (2019). Pengaruh Profil Risiko Terhadap Kinerja Keuangan (Studi pada Perbankan yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2017). Pembimbing: Redawati, SE, M.Fin

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profil risiko yang terdiri dari risiko pasar (PDN), risiko kredit (NPL) dan risiko likuiditas (LDR) terhadap kinerja keuangan  (ROA) perbankan. Penelitian ini berjenis penelitian asosiatif dengan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan perbankan yang telah dipilih melalui metode perposive sampling. Data keuangan setiap perbankan diambil dari www.idx.co.id yang kemudian diuji dengan menggunakan regresi linear berganda.

Penelitian ini mendapatkan hasil akhir bahwa PDN dan NPL tidak memiliki pengaruh terhadap ROA, sedangkan LDR memiliki pengaruh positif signifikan terhadap ROA. Profil risiko ini adalah wujud dari pengawasan risiko yang sering dialami oleh perbankan. Bank Indonesia telah memberi batasan nilai maksimal dari setiap profil risiko, agar setiap perbankan dapat meminimalkan dampak risiko. Oleh sebab itu PDN dan NPL tidak berpengaruh terhadap ROA, karena masih berada di bawah batas maksimal. Implikasi praktis diharapkan setiap perbankan terus mengawasi pergerakan profil risiko. Terutama pada LDR karena selama periode penelitian sempat menyentuh nilai maksimal yang disyaratkan Bank Indonesia.

 

Kata Kunci : Profil Risiko, Posisi Devisa Neto, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Return On Asset

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI