DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI NEMATODA DI PERKEBUNAN SAYUR BAWANG DAUN (Allium fistulosum L) KECAMATAN LANDASAN ULIN KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:HIDAYATUN NISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-31


IDENTIFIKASI NEMATODA DI PERKEBUNAN SAYUR BAWANG DAUN (Allium fistulosum L) KECAMATAN LANDASAN ULIN KALIMANTAN SELATAN (Oleh: Hidayatun Nisa, Abdul Gafur, Dewi Fitriyanti; 2019: 66 halaman).

 

Nematoda termasuk organisme yang memiliki bentuk tubuh sederhana seperti cacing dan memiliki adaptasi tinggi terhadap lingkungan tanah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keberadaan nematoda serta spesimen nematoda tanah pada tanaman bawang daun di Kecamatan Landasan Ulin, Kalimantan Selatan. Sampel tanah diambil pada kedalaman 0-20cm di sekitar rizosfir tanaman bawang daun. Lokasi pengambilan sampel di Desa Sukamara dan Desa Kurnia Kecamatan Landasan Ulin. Proses ekstraksi nematoda dilakukan di nampang saring, difiksasi menggunakan formalin 4% selama dua minggu. Pembuatan preparat nematoda menggunakan metode Cobb diletakkan pada slide permanen dan diidentifikasi hingga tingkat genera menggunakan mikroskop dengan pembesaran hingga 1000x. Penelitian kali ini mendapatkan hasil bahwa nematoda yang terdapat di rizosfir bawang daun adalah genus Aphelenchus, Aphelenchida A, Helicotylenchus, Odontolaimus, Prodolaimus, Longidoroides, Mylonchulus dan Chrustorhabditis pada rizosfer bawang daun di Kecamatan Landasan Ulin, Kalimatan Selatan.        

Kata kunci: Kecamatan Landasan Ulin, identifikasi, bawang daun dan nematoda.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI