DIGITAL LIBRARY



JUDUL: EVALUASI KEMAMPUAN LAHAN KAWASAN PERTAMBANGAN RAKYAT DI KECAMATAN CEMPAKA KOTA BANJARBARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Syarif Hidayatullah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-31


INTISARI

Judul dalam penelitian ini adalah Evaluasi Kemampuan Lahan Kawasan Pertambangan Rakyat di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis karakteristik lahan dan mengevaluasi kelas kemampuan lahan kawasan pertambangan rakyat di Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbandingan (matching)  yaitu metode yang didasarkan pada pencocokan antara kriteria kesesuaian lahan dengan data kuantitas lahan Populasi dalam penelitian ini adalah 5 satuan lahan yang menggunakan metode tumpangsusun (overlay) dari peta kemiringan lereng, peta tanah, dan peta penggunaan lahan. Data primer diperoleh melalui observasi dilapangan, pengambilan sampel tanah yang akan dianalisis baik secara langsung dan analisis laboratorium. Data sekunder diperoleh dari studi dokumen dan kepustakaan.

Hasil penelitian berdasarkan penerapan kriteria klasifikasi kemampuan lahan terdapat tiga kelas yaitu III, IV, dan V dengan faktor penghambat kemiringan lereng, permeabilitas, dan batuan. Kelas III dan IV dapat direkomendasikan untuk pengembangan pertanian dan kelas V tidak dapat direkomendasikan untuk pengembangaan pertanian dan harus dibiarkan dalam keadaan alami atau tertutup vegetasi permanen.

 

Kata Kunci: Evaluasi Kemampuan lahan, Pertambangan, Matching

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI