DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Identifikasi Ikan Timpakul (Mudskippers) Asal Muara Sungai Barito Kalimantan Selatan Berdasarkan Sekuen DNA Gen COI
PENGARANG:AKHMAD RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-07-31


ABSTRAK

IDENTIFIKASI IKAN TIMPAKUL (MUDSKIPPERS) ASAL MUARA SUNGAI BARITO, KALIMANTAN SELATAN BERDASARKAN SEKUEN DNA GEN COI (Oleh Akhmad Ramadhan; Pembimbing: Badruzsaufari, Hidayaturrahmah; 2019; 65 halaman)

Kepastian taksonomi berperan penting sebagai kunci pengelolaan sumber daya perikanan dan konservasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi ikan timpakul (mudskippers) yang mendiami perairan muara Sungai Barito. Identifikasi spesies dilakukan secara molekuler menggunakan penanda gen cytochrome-C oxydase sub unit I (COI) sebagai DNA barcode dengan didukung karakter morfometrik dan meristik. Metode penelitian ini terdiri atas beberapa tahap diantaranya preparasi sampel, isolasi DNA genom, amplifikasi gen COI, dan sekuensing yang menghasilkan produk sebesar 652-653 bp. Ikan mudskippers jenis “glodok”, “janjan”, “janjan sisik”, “timpunuk” secara berturut-turut teridentifikasi sebagai Periophthalmodon schlosseri,  Pseudapocryptes elongatus, Parapocryptes serperaster, dan Boleophthalmus boddarti. Satu spesies lainnya yaitu “timpakul” teridentifikasi sebagai Periophthalmus sp.. Identitas spesies “timpakul” belum bisa ditentukan pada penelitian ini karena tidak tersedianya data sekuen DNA pembanding yang memiliki kemiripan tertinggi di dalam database. Rekonstruksi pohon filogenik membagi kelompok mudskippers menjadi dua klad. Klad I terdiri atas kelompok Periophthalmodon dan Periophthalmus. Sementara kelompok Pseudapocryptes, Parapocryptes, dan Boleophthalmus membentuk klad terpisah.  

Kata Kunci: ikan timpakul, gen COI, DNA barcode

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI