DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PENANGANAN KERUSAKAN JALAN DI KOTA BALIKPAPAN BERDASARKAN PRIORITAS DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
PENGARANG:KARTIWIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


ABSTRAK

Kartiwin, 2019. Analisis penanganan kerusakan jalan di kota balikpapan berdasarkan prioritas dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dibimbing oleh Dr. Iphan Fitrian Radam, S.T., M.T.

 Banyaknya kerusakan jalan dapat menyebabkan berbagai masalah ekonomi, lingkungan, sosial dan lain sebagainya, sehingga perlu dilakukan perbaikan jalan. Disamping itu anggaran yang dikeluarkan untuk biaya pemeliharaan sangatlah besar sehingga tidaklah mungkin untuk dilakukan semuanya.Kondisi tersebut membuat pemerintah harus bekerja keras untuk memperbaiki infrastruktur jalan Kota Balikpapan. Mengingat infrastruktur jalan merupakan bagian terpenting dari pertumbuhan ekonomi masyarakat, dan hal ini membutuhkan anggaran yang tidak sedikit.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berpengaruh terhadap skala prioritas penanganan kerusakan jalan di Kota Balikpapan, dan mendapatkan rencana penanganan kerusakan jalan di Kota Balikpapan. Analisis ini menggunakan pendekatan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Untukpengambilan data, studi ini menggunakan metode kuesioner yang berisi pertanyaan yang berkaitan dengan kriteria utamanya berupa: Jenis kerusakan, LHR, air, kelas jalan dan eksisting.

Berdasarkan analisis AHP, ruas yang LHR rendah dan diikuti kelas jalan  rendah juga pada analisis AHP penanganannya akan cenderung ke arah penanganan rigid, sedangkan LHR besar dan diikuti dengan kelas jalan tinggi pada analisis AHP penanganan cenderung ke arah overlay. Dalam penerapannya dilapangan kondisi dimana kelas jalan kecil atau jalan lingkungan dilakukan penanganan jalan berupa rigid, begitu sebaliknya pada kelas jalan besar atau jalan arteri maupun kolektor penanganan jalan berupa overlay.

Dapat disimpulkan LHR dan Kelas jalan sangat mempengaruhi dalam penentuan rencana penanganan. Faktor ini yang mengakibatkan pergeseran penanganan yang tidak sesuai dengan eksisting pada ruas tersebut. Jadi kembali dimana penerapan ini akan disesuaikan kembali sesuai kebutuhan lapangan dan anggaran dari pemeliharaan itu sendiri.

 

Kata kunci: AHP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI