DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA) Provinsi Kalimantan Berdasarkan PERMENDAGRI Nomor 19 Tahun 2016
PENGARANG:Muhammad Imanuddin
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-08-01


ABSTRAK

 

Muhamad Imanuddin, D1B114072. Pengelolaan Barang Milik Daerah Pada Badan Keuangan Daerah (BAKEUDA) Provinsi Kalimantan Berdasarkan PERMENDAGRI Nomor 19 Tahun 2016. Dibimbing oleh Mahyuni selaku pembimbing 1 dan H.Setia Budhi selaku pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan BMD provinsi Kalimantan Selatan yang dijalankan oleh BAKEUDA berdasarkan PERMENDAGRI Nomor 19 Tahun 2016. Pengelolaan barang milik daerah diukur dengan menggunakan informasi yang bersumber dari 4 orang narasumber, antara lain Kabid Pengelolaan Barang Milik Daerah, Kasubbid Pemindahtanganan, Pemusnahan dan Penghapusan, Kasubbid Distribusi, Penggunaan, dan Pemanfaatan BMD, serta Kasubbid Perencanaan Kebutuhan Daerah.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan BMD yang dilakukan oleh BAKEUDA Provinsi Kalimantan Selatan sudah dilakukan dengan sebaik dan semaksimal mungkin sesuai dengan prosedur yang berlaku, namun masih ada yang belum terlaksana secara maksimal dikarenakan keterlambatan yang terjadi ditingkat SKPD. Pengelolaan Aset Tetap/ Barang Milik Daerah yang dilakukan oleh bidang pengelolaan barang milik daerah pada Badan Keuangan Daerah telah sesuai dengan sistem dan prosedur siklus pengelolaan barang milik daerah sebagaimana yang diatur dalam PERMENDAGRI No. 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah akan tetapi belum semua terlaksana dengan maksimal karena keterlambatan penyampaian laporan pada tingkat pengguna barang (SKPD).

BAKEUDA perlu melakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia para aparatur pelaksana pengelola aset tetap/barang milik daerah dengan memberikan peningkatan pengetahuan melalui pendidikan dan latihan, khususnya yang menyangkut pengelolaan aset tetap. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada BAKEUDA agar dapat meningkatkan kualitas dari SDM para aparatur pelaksana pengelola aset/barang milik daerah.

 

Kata kunci: Pengelolaan, Barang Milik Daerah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI