DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
PENGARANG:ZULKIPLI
PENERBIT:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
TANGGAL:2017-12-13


Pemecahan masalah di sekolah merupakan salah satu kemampuan yang harus
dikuasai agar siswa dapat menuju kepada pemahaman matematika yang
memungkinkan mereka untuk melihat hubungan antar konsep agar dapat memilih
strategi untuk merancang solusi. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan
matematika realistik (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siwa yang
belajar dengan menggunakan pembelajaran langsung (3) perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pendekatan
pendidikan matematika realistik dan siswa yang belajar dengan pembelajaran
langsung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII A dan kelas VII B SMP
Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Teknik analisis yang digunakan melalui uji beda
terhadap hasil posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
belajar dengan pendekatan matematika realistik berada pada kategori baik (2)
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran
langsung berada pada kategori cukup (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan pendekatan
matematika realistik dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran
langsung.
Kata Kunci : kemampuan pemecahan masalah, matematika realistik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI